5 Pertanyaan Interview Programmer dan Jawaban yang Harus Kamu Kuasai !

pertanyaan dan jawaban interview untuk programmer

 

Programmer merupakan salah satu profesi yang paling banyak diminati oleh anak-anak IT. Saat ini sudah banyak perusahaan yang membutuhkan orang IT, mulai dari java developer, .net developer, fullstack developer, ui/ux, sampai front end dan back end developer. Jika kamu ingin mengejar karir di bidang ini kamu harus tau dulu pertanyaan interview programmer dan jawaban yang harus kamu kuasai.

 

Interview merupakan salah satu tahap yang harus dilalui saat melamar pekerjaan. Saat menghadapi interview untuk menjadi programmer, tentu kamu akan mendapat berbagai pertanyaan. Yuk simak pertanyaan apa aja yang sering ditanyakan!

 

  1. Project apa aja yang pernah kamu kerjakan?

 

Kamu bisa jelaskan project apa aja yang pernah kamu kembangkan sebelumnya. Untuk mendapat nilai plus dari HR, kamu bisa menunjukkan hasil portofolio ataupun prestasi dari project tersebut. Kamu bisa jelaskan juga tujuan, fungsi dan kontribusi apa saja yang kamu lakukan didalam pembuatan project tersebut.

 

Tapi jangan melebih-lebihkan sesuatu yang tidak kamu kerjakan ya.

Jelasin project apa aja yang pernah kamu kembangkan. Tunjukkan hasil portofolio dan prestasi project tersebut. Jangan melebih-lebihkan dengan menyebutkan sesuatu yang belum diraih.

 

  1. Metode apa yang kamu gunakan untuk membuat project tersebut?

 

Disini, kamu harus menjelaskan cara kamu merancang dan membuat serta mengembangkan project tersebut. Mulai dari riset pengguna, mendefinisikan kebutuhan, merancang desain, menulis coding, hingga program itu dibuat.

 

  1. Berikan contoh coding dengan bahasa pemrograman yang kamu kuasai

 

Usahakan untuk membuat coding program yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tunjukkan dengan sebaik mungkin contoh coding yang bisa kamu kerjakan dengan salah satu bahasa pemrograman yang kamu kuasai.

 

  1. Bagaimana kamu mengikuti trend di bidang ini?

Tunjukkan tekad dan komitmen kamu untuk terus belajar. Interviewer akan mencari karyawan potensial yang terbuka untuk diskusi, debat, serta menerima kritik dan saran.

 

  1. Bagaimana cara kamu mengatasi issue pada project yang kamu kerjakan?

 

Kamu bisa menjelaskan strategi yang kamu lalui selama mengerjakan proyek tersebut. Jangan lupa jelaskan alasan mengapa kamu menggunakan strategi tersebut dan bagaimana keberhasilannya

 

Tips wawancara dari Team Talent Acquisition IDStar:

  • Kamu harus jawab setiap pertanyaan se-detail mungkin
  • Harus melakukan komunikasi dua arah. Jadi kamu juga bisa balik bertanya ke interviewer
  • Kamu juga harus paham dengan project yang pernah kamu buat sebelumnya
  • JANGAN BOHONG! Interviewer akan langsung tau kalau kamu jawab dengan tidak jujur

 

Jika kamu sudah menguasainya, kamu sudah siap untuk melamar pekerjaan. IDStar selalu membuka kesempatan buat kamu yang ingin mngembangkan karir Bersama kami. Segera submit CV kamu disini dan temukan pekerjaan yang cocok untukmu. #BeIDStar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on twitter