fbpx

Cara Bikin HRD Terkesan saat Wawancara Kerja

Sesi interview kerja tentu merupakan saat-saat yang mendebarkan. Perasaan gugup sering kali menghampiri saat pertama kali berbicara dengan orang baru. Bagaimana tanggapan orang tersebut terhadap cara berpakaian, cara berbicara dan perilaku kita saat sesi interview menjadi penilaian penting. Mau tau apa saka cara bikin HRD terkesan saat wawancara kerja? Yuk simak tips nya disini

Berbagai perasaan campur aduk kerap hadir menjelang wawancara kerja. Salah satunya rasa gugup berlebihan. Wajar saja, apalagi kalau kamu baru pertama kali menghadapi situasi semacam ini.

Tetapi perlu diingat, wawancara kerja adalah momen penting. Sehingga kalau kamu gugup, grogi, hanya akan membuyarkan konsentrasimu. Pikiran jadi ke mana-mana, dan akhirnya tidak fokus dalam menjawab setiap pertanyaan pewawancara.

Apalagi sekarang semua serba online, termasuk wawancara kerja. Sebelum mengetahui cara bikin HRD terkesan saat wawancara kerja, ada baiknya kamu mengetahui pertanyaan apa saja yang akan muncul selama masa pandemi ini

Cara Bikin HRD Terkesan saat Wawancara Kerja

Ada berbagai cara untuk membuat HRD terkesan saat melakukan wawancara kerja, berikut ini tips dari IDStar:

1. Cari Tahu Tentang Perusahaan yang Kamu Lamar

Ternyata banyak loh pelamar atau job seeker yang asal-asalan apply kerja. Saat dipanggil wawancara mereka ngeblank tidak mengetahui perusahaan apa yang mereka apply. Nah coba pastikan sebelum melakukan wawancara kamu harus tau dulu tentang perusahaan tersebut.

Hal-hal penting yang harus kamu cari tau antara lain adalah bidang perusahaan, kapan perusahaan didirikan, achievement atau prestasi perusahaan akhir-akhir ini, dan lain-lainnya.

2. Usahakan untuk Tetap Tenang dan Percaya Diri

Wawancara kerja memang sesuatu hal yang tidak boleh dianggap remeh. Momen ini akan menentukan karir dan masa depanmu. Meski demikian, kamu gak boleh juga terlalu ketakutan atau nervous untuk menghadapi wawancara kerja.

Kalau kamu udah terlihat kurang percaya diri, perusahaan-perusahaan juga akan sangsi untuk memberikan pekerjaan padamu. Sebaliknya, kamu juga gak boleh terlalu percaya diri. Percaya diri yang berlebihan akan menimbulkan mimik wajah dan bahasa tubuh menjadi terlalu banyak.

3. Jangan Malu Bertanya

Staff HRD atau pewawancara kerja sebenarnya lebih suka menghadapi orang yang proaktif, bukannya yang selalu terlihat diam dan malu sepanjang proses wawancara kerja. Makanya, salah satu tips wawancara kerja yang wajib dipraktekkan adalah dengan aktif mengajukan pertanyaan saat wawancara.

Pokoknya, kalau kamu merasa ada yang kurang jelas, jangan malu untuk bertanya pada pewawancara atau staff HRD yang ada di depanmu. Tidak perlu sungkan karena selama jenis pertanyaan masuk akal dan tidak membuat pewawancara bingung, kamu bisa kok mengungkapkannya dan mencari jawabannya saat itu juga.

4. Yakinkan Kenapa Perusahaan Harus Mempekerjakanmu

Karena yang melamar di sebuah perusahaan di posisi yang kamu lamar pasti gak cuma kamu aja, kamu perlu stand out dan meyakinkan perusahaan kenapa mereka harus memilih kamu dan mempekerjakanmu.

Tunjukkan keunikan kamu di depan HRD saat wawancara sehingga mereka tau bahwa hanya ada satu orang seperti kamu dan mereka harus mempekerjakanmu.

5. Perhatikan Manner

Dengan memperhatikan tata krama atau manner, kamu akan memberikan kesan baik di mata HRD yang mewawancarainmu. Sikap yang baik untuk seorang pencari kerja, apalagi masih fresh graduate adalah dengan tidak bersikap sok dan sombong.

Jangan anggap remeh orang-orang yang mewawancaraimu, soalnya bagaimanapun juga, dari soal pengalaman, kamu masih kalah dibandingkan dengan staff HRD di depanmu dan karyawan-karyawan senior di perusahaan itu.

Jadi sudah siap di wawancara oleh Talent Acquisition IDStar? Yuk segera submit CV kamu disini

 

Leave a Reply