fbpx

Pada tahun 2018, Google telah mulai meluncurkan teknologi AI yang terdengar seperti manusia kepada pengguna di lebih banyak negara, termasuk Inggris.  Google baru saja menunjukkan sebuah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) terbarunya di konferensi tahunan Google I/O yang digelar beberapa waktu lalu di Amerika Serikat. Teknologi terbaru dari Google Assistant tersebut adalah Google Duplex. Google Duplex Manfaatkan AI

Kamu dapat meminta Asisten Google untuk menelepon bisnis agar kamu dapat melakukan reservasi, membuat janji temu, mendapatkan jam operasional, dan banyak lagi. Google Duplex telah diuji sejak debutnya pada Mei 2018, dan meskipun Google berjanji untuk mengambil “pendekatan yang lambat dan terukur” dengan teknologi ini, itu sudah diluncurkan di sebagian besar AS dan berkembang secara internasional.

Apa itu Google Dupleks?

AI membuang suara robot
Google Duplex adalah teknologi yang mendukung fitur Asisten Google baru. Ditagih sebagai sistem yang sepenuhnya otomatis, Google Duplex pada dasarnya dapat melakukan panggilan untuk kamu, tetapi dengan suara manusia yang terdengar alami, bukan suara robot. Itu dapat memahami “kalimat kompleks, ucapan cepat, dan komentar panjang,” menurut Google, yang membayangkan kami menggunakan Duplex untuk memesan janji temu dan reservasi.

Google Duplex sendiri adalah sebuah program kecerdasan buatan yang dapat berkomunikasi layaknya manusia melalui panggilan telepon. Program kecerdasan buatan ini didesain untuk bisa membantu manusia dalam melakukan tugas-tugas tertentu seperti membuat jadwal tertentu ataupun memesan sebuah tempat.
Bahkan di dalam sebuah demo yang digelar Google, Duplex dapat berkomunikasi dengan salah satu pemilik salon untuk membuat janji untuk pergi ke salon. Duplex juga dapat memesan tempat di sebuah restoran.

Bagaimana cara kerjanya?

Booking Appointment

Saat menemukan bisnis menggunakan Google Search, Maps, atau Google Assistant, kamu dapat meminta Google Assistant untuk menghubungi kamu atas nama kamu, untuk tugas seperti memesan meeting maupun booking appointment. Asisten Google akan mengonfirmasi detail spesifik seperti waktu yang Anda inginkan, jenis layanan, atau jumlah pesta.

Setelah informasi ini dikonfirmasi, Google Assistant akan mencoba membuat janji dengan menggunakan mitra pemesanan online (jika tersedia) atau dengan menelepon bisnis menggunakan teknologi panggilan suara otomatis Duplex. Google mengatakan panggilan direkam untuk jaminan kualitas.

Duplex dapat menghubungi bisnis AS mana pun yang informasinya tercantum di Google. Google mengatakan bisnis yang telah memilih untuk menerima panggilan akan mendapatkan panggilan dari Google Duplex untuk mengonfirmasi jam libur, seperti waktu buka dan tutup untuk Thanksgiving, serta untuk memesan reservasi. Tetapi bisnis dapat memilih untuk tidak menerima panggilan ini dengan membuka pengaturan di akun Google Bisnisku.

Google juga menambahkan kata-kata seperti “umm” untuk menambahkan kesan seperti sedang berbicara dengan manusia.

Teknologi yang Menjanjikan di Masa Depan Google Duplex Manfaatkan AI

Google Duplex tersebut menjanjikan sebuah inovasi yang nantinya dapat memudahkan aktivitas manusia. Teknologi yang juga sebenarnya sudah sangat kita mimpikan, namun kita hanya dapat melihatnya melalui sebuah fillm, terutama film yang bertema sci-fi. Contohnya seperti di film Iron Man teknologi AI ini yaitu J.A.R.V.I.S atau Friday dapat berbicara layaknya manusia dengan Tony Stark. Bahkan di film tersebut J.A.R.V.I.S dapat membantu Stark dalam berbagai hal.
Namun teknologi tersebut bukan tidak mungkin akan hadir dalam kehidupan kita. Google Duplex sendiri diketahui masih akan terus dikembangkan oleh Google. Tidak hanya Google, teknologi kecerdasan buatan ini juga dikembangkan oleh perusahaan teknologi raksasa lainnya seperti Microsoft dengan kecerdasan buatannya yang diberi nama Cortana, lalu Apple yaitu Siri, dan terakhir Amazon yaitu Alexa.

Di mana Google Duplex tersedia? Google Duplex Manfaatkan AI

Sayangnya, sampai saat ini Google Duplex belum tersedia di Indonesia. Google Duplex awalnya diluncurkan hanya untuk pengguna perangkat Pixel. Dan, pada awalnya, itu hanya akan memanggil restoran tertentu di NYC, Atlanta, Phoenix, dan SF. Namun, layanan panggilan otomatis yang didukung kecerdasan buatan Google kini tersedia lebih luas. Duplex sekarang ditayangkan di sebagian besar AS. Dan, menurut halaman dukungan ini, Duplex juga baru-baru ini ditayangkan di Selandia Baru, Australia, Kanada, dan Inggris.

 

Jika Google Duplex tersedia di Indonesia, apakah kamu ingin menggunakannya?

Kalau kamu ingin bergabung dengan Developer Team IDStar, kamu bisa langsung submit CV kamu disini