11 Pertanyaan Interview Programmer yang Perlu Kamu Siapkan

interview programmer

Kamu sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti interview kerja sebagai seorang programmer? Menjadi seorang programmer memang salah satu pekerjaan yang menjadi impian banyak anak muda.

Bukan tanpa sebab, pekerjaan ini memiliki permintaan pasar yang besar dan gaji yang relatif tinggi. Sehingga, banyak anak muda yang berbondong-bondong switch karier dan belajar bagaimana cara menjadi programmer.

Ada beberapa skill yang harus dipersiapkan dan pertanyaan-pertanyaan interview kerja yang perlu dipahami untuk menjadi programmer. Apa saja? Berikut penjelasannya

Apa Saja Skill Programmer?

daftar interview programmer
Pexels

Seorang programmer harus memiliki keterampilan teknis dan non-teknis yang kuat. Keterampilan teknis yang penting bagi programmer meliputi:

  • Pemrograman bahasa
  • Struktur data dan algoritma
  • Basis data
  • Sistem operasi
  • Arsitektur perangkat lunak
  • Keamanan komputer
  • Pengujian perangkat lunak

Adapun keterampilan non-teknis yang penting bagi programmer meliputi:

  • Komunikasi
  • Kerja sama tim
  • Pemecahan masalah
  • Kemampuan belajar
  • Kemampuan beradaptasi

Bagaimana Prospek Kerja Programmer?

Prospek kerja programmer sangat baik. Menurut data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Amerika Serikat, permintaan akan programmer diperkirakan akan tumbuh 22% dari tahun 2022 hingga 2032, jauh lebih cepat dari rata-rata untuk semua pekerjaan. Pertumbuhan ini disebabkan oleh semakin pentingnya teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari.

Tentu, ini menjadi kabar baik bagi kamu yang baru ingin mulai. Rata-rata jenjang karier seorang programmer juga cukup menjanjikan. Pada umumnya jenjang karier programmer adalah:

  • junior programmer (1-2 tahun)
  • middle programmer (3-5 tahun)
  • senior programmer atau lead (lebih dari 5 tahun)

Baca juga: Mengenal QA dan Perannya dalam Industri Software

10 Daftar Pertanyaan Interview Programmer

Bagi kamu yang sudah mantap ingin berkarier sebagai seorang programmer. Berikut beberapa daftar pertanyaan interview kerja sebagai seorang programmer yang harus kamu persiapkan.

1. Ceritakan tentang diri kamu

Pertanyaan ini adalah pertanyaan umum yang sering diajukan dalam wawancara kerja. Gunakan kesempatan ini untuk menceritakan tentang latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, pengalaman project, atau apapun yang bisa membuat HR terkesan dengan dirimu dan ingin menggali lebih lanjut.

2. Bagaimana kelebihan dan kelemahan kamu?

Tak bisa dimungkiri, pertanyaan terkait kelebihan dan kekurangan ini kadang membuat bingung. Namun, pastikan kamu menjawab yang relate dengan kemampuan dalam dunia programming. Jawab dengan jujur dan spesifik serta berikan contoh konkret, bisa dari project yang pernah kamu pegang atau lainnya.

3. Project apa aja yang pernah kamu kerjakan?

Kamu bisa jelaskan project apa aja yang pernah kamu kembangkan sebelumnya. Untuk mendapat nilai plus dari HR, kamu bisa menunjukkan hasil portofolio ataupun prestasi dari project tersebut. Kamu bisa jelaskan juga tujuan, fungsi dan kontribusi apa saja yang kamu lakukan didalam pembuatan project tersebut.

Tapi jangan melebih-lebihkan sesuatu yang tidak kamu kerjakan ya. Jelasin project apa aja yang pernah kamu kembangkan. Tunjukkan hasil portofolio dan prestasi project tersebut. Jangan melebih-lebihkan dengan menyebutkan sesuatu yang belum diraih.

4. Metode apa yang kamu gunakan untuk membuat project tersebut?

Seorang interviewer ingin menggali bagaimana kamu menjalankan sebuah project. Maka kamu harus bisa menjawab secara runtut, ringkas, dan padat. Kamu bisa menjelaskan bagaimana cara kamu merancang dan mengembangkan project tersebut.

Ceritakan bagaimana kamu melakukan riset pengguna, validasi kebutuhan, merancang desain sesuai flow yang bagus, menulis codingan, serta bagaimana tahapan kamu membuat program tersebut.

5. Berikan contoh coding dengan bahasa pemrograman yang kamu kuasai

Pertanyaan interview programmer ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan kamu tentang bahasa pemrograman tertentu. Kamu tentunya memiliki bahasa pemrograman yang kamu kuasai.

Nah, seorang interviewer ingin meliat bagaimana pendalaman kamu soal bahasa pemrograman yang kamu mampu. Tunjukan contoh coding terbaikmu dan bersiaplah untuk menerima beberapa pertanyaan terkait.

Di sini kamu bisa menunjukkan skill dan aplikasi yang kamu jalankan untuk memperlihatkan betapa jagonya kamu di bidang tersebut.

6. Bagaimana kamu mengikuti trend di bidang ini?

Seorang programmer yang baik tidak hanya sibuk mengurusi coding-annya di depan laptop. Programmer yang baik akan terus up to date dengan perkembangan teknologi yang mana mereka bisa mengimplementasikan teknologi tersebut untuk mempermudah dalam bekerja.

Kamu bisa mengikuti trend terkini soal dunia IT dengan mengikuti beberapa course, webinar, atau paling tidak membaca artikel atau publikasi luar negeri lainnya.

7. Bagaimana cara mengatasi issue pada project yang kamu kerjakan?

Tentu saja sebagai programmer pasti ada saja issue yang terjadi saat mengerjakan project. Nah, ketika dihadapkan dengan issue tersebut, kamu bisa menjelaskan strategi yang kamu lalui untuk mengatasinya.

Jangan lupa jelaskan alasan mengapa kamu menggunakan strategi tersebut dan bagaimana keberhasilannya.

8. Bagaimana kamu mengatasi stress dalam pekerjaan?

Tentu, menjadi seorang programmer bisa rentan akan stress. Mengapa tidak? Tiap hari kamu akan bertempur dengan bahasa pemrograman dan coding.

Perusahaan ingin tahu bagaimana cara kamu dalam manajemen stress. Apalagi, jika perusahaan yang kamu lamar masih dalam tahap stage awal (startup). Berikan jawabanmu dengan contoh yang konkreet.

9. Bagaimana kamu bekerja sama dengan tim?

Tidak ada programmer yang bisa mengerjakan project sendirian dengan sempurna. Oleh karena itu, salah satu soft skill penting seorang programmer adalah komunikasi.

Untuk menjawab pertanyaan interview programmer ini, kamu bisa memulai menceritakan bagaimana kamu dengan tim bisa berkomunikasi dengan baik. Apa saja kendala yang pernah kamu alami saat berkomunikasi dan bagaimana kamu bisa menyelesaikannya.

Kamu bisa menjelaskan apa saja tools yang kamu gunakan untuk berkomunikasi dan bagaimana efektivitasnya? Di sini kamu bisa bertanya bagaimana kultur kerja perusahaan tersebut dengan cara komunikasinya.

10. Apa hal tersulit menjadi seorang programmer?

HR ingin tahu apa saja moment tersulit kamu saat menjadi seorang programmer. Tapi, jawablah disertai dengan bagaimana cara kamu mengatasinya.

Misalnya, kamu kesulitan pada bahasa pemrograman A, namun kamu berusaha mengatasi kesulitan tersebut dengan bertanya kepada orang yang lebih tahu atau mengikuti course atau apapun itu. Jangan tunjukkan kepasrahanmu dalam menghadapi sebuah kesulitan. Usahakan kamu bisa menjadi seorang yang problem solving di sini.

11. Apa bahasa pemrograman baru yang kamu kuasai?

Seorang programmer memang dituntut untuk terus belajar. Bukan tanpa sebab, perkembangan teknologi bertumbuh sangat cepat dan menghasilkan banyak metode-metode baru demi efisiensinya pekerjaan.

Wajib bagi kamu untuk terus mempelajari banyak bahasa pemrograman yang baru agar kamu tidak terjerumus oleh pertumbuhan. Untuk menawab ini, pastikan kamu sudah mengenal beberapa bahasa pemrograman di luar dari yang kamu kuasai.

Baca juga: Apa Itu ETL Data Warehouse

Tips wawancara dari Team Talent Acquisition IDStar

Berikut adalah beberapa tips sukses wawancara programmer:

    • Lakukan riset tentang perusahaan dan posisinya.
    • Persiapkan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan.
    • Berlatih menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.
    • Pakaian rapi dan profesional.
    • Datang tepat waktu.
    • Bersikaplah ramah dan sopan.
    • Berikan kesan yang baik.
    • JANGAN BOHONG! Interviewer akan langsung tau kalau kamu jawab dengan tidak jujur

Itulah 10 daftar pertanyaan interview programmer. Jika kamu sudah menguasainya, kamu sudah siap untuk melamar pekerjaan. IDStar selalu membuka kesempatan buat kamu yang ingin mngembangkan karir Bersama kami. Segera submit CV kamu di sini dan temukan pekerjaan yang cocok untukmu. #BeIDStar

Share

IDStar Insights

Related Insights

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services