10 Pertanyaan Interview User Software Engineer

IDStar – Banyak orang yang memimpikan karier sebagai software engineer, namun seringkali mereka bingung antara istilah software engineer dan software developer

Meskipun kedua posisi ini memiliki banyak kesamaan dalam pekerjaan mereka, software engineer biasanya lebih fokus pada tahapan keseluruhan dari siklus hidup perangkat lunak, termasuk desain, pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan, sedangkan software developer lebih spesifik pada tahapan pengembangan kode. 

Pada artikel ini, IDStar akan membahas tentang pertanyaan interview user untuk posisi software engineer, serta memberikan informasi dan tips persiapan interview.

Apa itu Software Engineer?

Sebagai awal, mari kita definisikan dulu software engineer adalah seseorang yang merancang, mengembangkan, dan memeriksa perangkat lunak untuk memastikan fungsi yang efektif dan efisien sesuai kebutuhan pengguna. 

Berbeda dengan pengembang perangkat lunak, software engineer mempunyai pandangan yang lebih holistik terhadap sebuah produk perangkat lunak, dari tahapan konsep, desain, hingga implementasi. 

Selain itu, software engineering adalah ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip rekayasa untuk proses pengembangan perangkat lunak.

Banyak yang bertanya, software engineer jurusan apa? Meskipun kebanyakan berasal dari jurusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi, banyak juga software engineer yang memiliki latar belakang pendidikan lain namun mempunyai keahlian dalam pemrograman dan rekayasa perangkat lunak.

10 Daftar Pertanyaan Interview User Software Engineer

interview user software engineer
Pexels

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk interview, berikut adalah 10 pertanyaan interview user yang sering diajukan untuk posisi software engineer:

Tentu saja, berikut penjelasan dari masing-masing pertanyaan dalam “10 Daftar Pertanyaan Interview User Software Engineer”:

1. Apa motivasi Anda untuk menjadi software engineer?

HR ingin mengungkap alasan kandidat memilih karier ini. Apakah karena ketertarikan pribadi, peluang karier, tantangan, atau alasan lainnya. Jawaban bisa menunjukkan passion dan komitmen kandidat terhadap pekerjaannya.

Jawablah dengan jujur, bisa karena minat pada teknologi, keinginan untuk memecahkan masalah, atau dorongan lain yang relevan.

2. Ceritakan projek perangkat lunak terakhir yang Anda kerjakan dan tantangannya

HR ingin mengukur pengalaman praktik dan kemampuan problem-solving. Bagaimana kandidat menghadapi dan mengatasi tantangan dapat menunjukkan keterampilan teknis dan interpersonalnya.

Siapkan narasi singkat tentang projek Anda, fokus pada hasil, solusi, dan pelajaran yang didapat. Ini akan menunjukkan kemampuan Anda dalam mengatasi tantangan.

Baca juga: Cara Hemat Merekrut Software Engineer

3. Bagaimana Anda menangani kesalahan atau bug dalam kode Anda?

HR ingin mengerti proses pemikiran kandidat dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan memperbaiki kesalahan. Ini relevan untuk menilai kemampuan debugging dan ketekunan kandidat.

Jawab dengan proses Anda dalam debugging. Misalnya, Anda memulai dengan mengidentifikasi masalah, mencari solusi, dan mengetes solusi tersebut. Ini menunjukkan kemampuan analitis Anda.

4. Bagaimana Anda bekerja dalam tim? Apa pendekatan Anda dalam berkomunikasi dengan anggota tim lain?

HR ingin menilai kemampuan kerja sama tim dan komunikasi. Seorang software engineer seringkali harus berkolaborasi dengan anggota tim lain, termasuk yang non-teknis.

Fokus pada kerjasama dan komunikasi. Berikan contoh bagaimana Anda memberi dan menerima feedback, serta bagaimana Anda menyelesaikan konflik.

5. Sebutkan dan jelaskan framework atau bahasa pemrograman yang Anda kuasai

Rekruter ingin mengetahui keahlian teknis kandidat dan seberapa dalam mereka memahami alat-alat tersebut. Ini membantu menilai sejauh mana kandidat dapat berkontribusi pada tim teknik.

Pilih beberapa bahasa atau framework yang paling Anda kuasai dan jelaskan pengalaman Anda dengannya, serta keunggulan dan kelemahannya.

6. Bagaimana Anda memastikan kualitas kode Anda?

Rekruter mau mengukur pemahaman kandidat tentang praktik-praktik terbaik dalam pengembangan perangkat lunak dan seberapa penting bagi mereka untuk menghasilkan kode berkualitas.

Bicarakan tentang teknik review kode, pengujian unit, dan alat atau praktik lain yang Anda gunakan untuk memastikan kualitas kode.

7. Apa pendapat Anda tentang software engineering adalah pendekatan yang efisien dalam pengembangan perangkat lunak?

HR mau menilai pemahaman kandidat tentang prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak dan seberapa baik mereka dapat menerapkannya dalam pengembangan perangkat lunak.

Jawab dengan pendapat Anda tentang bagaimana software engineering, sebagai disiplin, membantu dalam menciptakan perangkat lunak yang efektif dan berkualitas tinggi.

8. Jelaskan pengalaman Anda dengan sistem manajemen basis data

Rekruiter ingin mengetahui sejauh mana keterampilan kandidat dalam bekerja dengan database, termasuk desain, optimasi, dan pemeliharaan.

Jelaskan jenis basis data yang pernah Anda gunakan, baik itu relasional, non-relasional, atau lainnya. Berikan contoh tugas-tugas yang Anda kerjakan terkait basis data.

9. Bagaimana Anda mendekati masalah yang belum pernah Anda hadapi sebelumnya dalam pengembangan perangkat lunak?

HR ingin mengerti seberapa adaptif dan solutif kandidat dalam menghadapi situasi atau teknologi baru. Ini penting dalam industri yang selalu berubah seperti teknologi informasi.

Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan kemampuan belajar dan adaptasi Anda. Bicarakan tentang sumber daya yang Anda gunakan untuk belajar, seperti dokumentasi, forum, atau kolega.

10. Apa yang Anda ketahui tentang DevOps dan bagaimana pendapat Anda tentang integrasinya dalam siklus hidup perangkat lunak?

HR ingin menilai pemahaman kandidat tentang metodologi DevOps dan integrasi antara pengembangan dan operasi. Ini memberikan gambaran tentang sejauh mana kandidat mengikuti tren industri terkini.

Jelaskan pengertian DevOps menurut Anda dan bagaimana praktik ini meningkatkan kolaborasi antara tim pengembangan dan operasional.

5 Tips Persiapan Interview Posisi Software Engineer

Apa saja tips tips yang bisa kamu persiapkan sebelum melakukan interview user pada posisi software engineer? Berikut penjelasannya.

1. Pahami Dasar Pemrograman

Sebelum interview, pastikan Anda memahami dasar-dasar pemrograman dan konsep-konsep dasar dalam software engineering. Ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan spesifik teknis.

2. Siapkan Portofolio

Punya portofolio yang baik dapat memberikan gambaran kepada interviewer tentang apa yang bisa Anda lakukan. Tunjukkan projek-projek terbaik Anda dan jelaskan kontribusi Anda dalam projek tersebut.

3. Latihan Problem Solving

Banyak perusahaan yang mengadakan sesi tes teknis atau coding challenge. Latih kemampuan problem solving Anda dengan berbagai platform online yang tersedia.

4. Pelajari Budaya Perusahaan

Mengerti dan menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan akan membantu Anda dalam sesi interview user, terutama dalam pertanyaan yang berhubungan dengan kerjasama tim.

5. Tanyakan Pertanyaan

Saat sesi tanya jawab, jangan ragu untuk bertanya. Ini menunjukkan ketertarikan Anda pada posisi dan perusahaan tersebut.

Apabila kamu ingin berkarier sebagai software engineer di IDStar, kamu bisa submit CV kamu lewat IDStar Career. Dengan persiapan yang matang dan pemahaman yang mendalam tentang apa yang diharapkan dari seorang software engineer, Anda akan siap menghadapi setiap tantangan interview user yang datang. Semoga sukses!

Share

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! From page 10 Pertanyaan Interview User Software Engineer, I want to know more about your services