ETL Developer

Apa Itu ETL Developer

ETL Developer adalah IT Talent yang mengumpulkan, menyaring, mengolah dan menggabungkan data yang relevan dari berbagai sumber untuk disimpan ke dalam data warehouse. Sesuai dari namanya Proses ETL sendiri terdiri dari extracting, transforming, loading.

ETL adalah singkatan dari extract, transform, dan load. Dalam business intelligence, alat ETL digunakan untuk mengekstrak data dari sumber data, mengubah dan mengoptimalkannya untuk pelaporan dan analisis, lalu memuatnya ke dalam gudang data.

Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif dan menantang, perusahaan memiliki kebutuhan untuk menemukan solusi dan sistem untuk dapat unggul secara kompetitif melalui pengumpulan, analisis, dan transformasi data. Sehingga hal tersebut bisa dijadikan keputusan strategis yang memungkinkan mereka merancang dan mengelola berbagai bidang maupun departemen di perusahaan.

Dalam konteks ini adalah konsep business intelligence, yang mengacu pada penggunaan data secara optimal dan pengambilan keputusan bisnis yang berorientasi pada data. Konsep ini juga dikenal sebagai analitik bisnis tingkat lanjut dan mencakup pemahaman tentang pengoperasian berbagai sirkuit dan proses perusahaan – dulu, sekarang, dan masa depan – untuk membentuk basis pengetahuan yang diperlukan dalam mendukung keputusan dan tindakan yang diambil.

Tugas ETL Developer Dalam ETL Data Warehouse


Metodologi dan tugas ETL Developer telah dikenal selama bertahun-tahun sehingga menyediakan basis informasi terpadu yang baru untuk business intelligence. Proses mengekstrak data dari sumber data dan membawanya ke gudang data biasanya disebut ETL Data Warehouse, yang merupakan singkatan dari extract, transform, load.

Terlepas dari asalnya, data mengalami tiga proses berbeda dengan tujuan membuat profil dan menyesuaikannya sehingga dapat memenuhi fungsinya sebagai pemberi informasi berkualitas yang berguna dan efektif dalam pengambilan keputusan:

Extract

Extract adalah tahap awal dalam arsitektur ETL data warehouse, data diekstraksi dari sistem sumber ke staging area. Transformasi jika ada dilakukan di staging area agar kinerja sistem sumber tidak menurun. Juga, jika data yang rusak disalin langsung dari sumbernya ke database gudang data, proses memulihkan database akan menjadi tantangan bagi ETL Developer. Staging area memberikan kesempatan untuk memvalidasi data yang diekstraksi sebelum dipindahkan ke data warehouse.

Transform

Transform adalah salah satu konsep ETL data warehouse paling penting di mana ETL Developer menerapkan serangkaian fungsi pada data yang diekstraksi. Data yang tidak memerlukan transformasi apapun disebut sebagai direct move atau pass through data. Data yang diekstraksi dari source server masih mentah dan tidak dapat digunakan dalam bentuk aslinya. Oleh karena itu perlu dibersihkan, dipetakan dan diubah. Faktanya, ini adalah peran kunci di mana proses ETL menambah nilai dan mengubah data sehingga laporan business intelligence yang berwawasan dapat dihasilkan.

Load

Load adalah langkah terakhir dari proses ETL Data Warehouse, tipikal data warehouse biasanya volume data yang besar perlu dimuat dalam waktu yang relatif singkat (malam hari). Oleh karena itu, proses Load harus dioptimalkan untuk kinerja.

Jika terjadi load failure, mekanisme recovery harus dikonfigurasi untuk memulai kembali dari titik kegagalan tanpa kehilangan integritas data. ETL Developer perlu memantau, melanjutkan, membatalkan pemuatan sesuai kinerja server yang berlaku.

Bagaimana ETL Developer Membantu Bisnis dan Perusahaan?

ETL Developer adalah seorang profesional yang bertanggung jawab untuk mengumpulkan analisis data, data penjualan, market, konsumen, dll., untuk memfasilitasi pengambilan keputusan operasional atau strategi yang lebih tepat untuk mencapai tujuan perusahaan.

IT Talent ini peminatnya meningkat sejak era industri 4.0 untuk memenuhi kebutuhan perusahaan pada unit produksi, layanan studi, analisis prospek, rencana strategis dan unit business intelligenceperusahaan publik maupun swasta.

ETL Developer adalah seseorang yang banyak diminta untuk bekerja sebagai IT Talent pada unit produksi intelijen, layanan studi, analisis dan prospek, kantor perencanaan strategis dan unit intelijen bisnis baik perusahaan publik maupun swasta.

Tugas sehari-hari seorang ETL Developer sangat kompleks dan harus dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, karena basis kerjanya adalah data informasi, yang dalam prosesnya mengalami perubahan terus-menerus.

Pengumpulan informasi hanyalah sebagian dari pekerjaan mereka, karena nilai sebenarnya bagi perusahaan ada dalam analisis dan pemrosesan lebih lanjut.

Fungsi Utama ETL Developer Dalam Bisnis Dan Perusahaan

advice (1)

Merencanakan dan mengatur perolehan informasi yang berkualitas, dapat berguna dan relevan secara sistematis dari lingkungan perusahaan dan pesaing.

Mendeteksi perubahan dalam penjualan, pendapatan, pengeluaran, dan data penting lainnya dari perusahaan atau organisasi.

Identifikasi perubahan perilaku atau preferensi konsumen sehubungan dengan perusahaan tempat mereka bekerja dan persaingan.

Ubah data menjadi laporan dan kesimpulan yang berfungsi untuk membuat keputusan terbaik bagi perusahaan di berbagai bidang seperti keuangan, strategis, operasional, dll.

Mendeteksi peluang pasar dan bisnis baru berdasarkan data yang diambil.

Memberi masukan kepada manajemen dalam pengambilan keputusan.

Bandingkan strategi yang diterapkan dan periksa apakah strategi tersebut berhasil mencapai tujuan atau hasil yang diharapkan.

Identifikasi kesalahan, kelemahan, dan juga kelebihan perusahaan.

Let's discuss more about your project

Isi formulir dan beri tahu kami bagaimana kami dapat membantu kebutuhan teknologi Anda. Tim IDstar siap mendukung kebutuhan Anda.

ALAMAT

Wisma Staco 7th Floor
Jl Casablanca Raya Kav. 18
Menteng Dalam, Tebet, South Jakarta – 12870
Indonesia

Ajukan Pertanyaan Kepada Kami:

Tidak punya waktu untuk menelepon? Kirim pertanyaan Anda ke tim dan kami akan segera menghubungi Anda.

Kirim Pesan
Chat dengan kami
Hi IDstar! I want to know more about your services