Quality Assurance

Apa itu Quality Assurance?

Quality Assurance adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk memastikan perangkat lunak atau aplikasi yang dibuat oleh perusahaan dapat bekerja dengan baik. Setelah Software Developer selesai dalam proses manufaktur, Quality Assurance Tester akan mencoba menjalankan perangkat lunak untuk pengujian terlebih dahulu. Mereka pada dasarnya mencari celah untuk kesalahan pada produk yang di kembangkan oleh developer.

Tujuan utama dari usability testing adalah untuk mencegah produk cacat dari tahap perencanaan produksi hingga tahap distribusi produk ke konsumen untuk menghindari pengerjaan ulang yang menghabiskan banyak biaya. Prosesnya dilakukan dengan memulai pengujian dari fitur, fungsionalitas, elemen visual, yaitu untuk mencegah bug, program yang tiba-tiba membeku, dan sebagainya.

Apa yang Quality Assurance lakukan?

Jadi, sebelum tahap penerapan, produk harus diuji oleh Quality Assurance Tester untuk memeriksa kesiapan setiap bagian dari produk sehingga ketika dirilis, dapat berjalan dengan baik dan stabil.

Setiap perusahaan selalu berusaha untuk memberikan produk terbaik untuk mendapatkan kepuasan dari pengguna. Untuk memastikan semua produk bekerja dengan sangat baik sebelum dirilis ke pasar, setiap perusahaan memberikan pemilihan kualitas produk yang ketat. Dalam mengembangkan setiap proyek aplikasi yang dikembangkan oleh tim, aplikasi harus memasuki tahap pengujian yang dilakukan oleh Quality Assurance.

Ini akan membantu perusahaan mana pun untuk menghindari citra buruk karena aplikasi yang mereka buat tidak dapat berjalan seperti yang diharapkan. Setiap perusahaan tentunya tidak menginginkan berbagai aplikasi yang dikembangkan tidak sesuai dengan kebutuhan produk atau bahkan tidak dapat memberikan layanan yang sesuai dengan harapan penggunanya.

Mengapa Quality Assurance Penting bagi Perusahaan?

Quality Assurance Tester dapat memberikan data yang nyata kepada perusahaan tentang apa yang sebenarnya diinginkan konsumen. Dengan begitu perusahaan dapat mengidentifikasi apa yang perlu ditingkatkan untuk menjaga kualitas produk perusahaan.

Mengetahui apa yang diinginkan pelanggan

Poin pertama alasan mengapa metode pengujian kegunaan Jaminan Kualitas itu penting karena melalui program pengujian Quality Assurance Tester akan memberi Anda data nyata yang diinginkan pelanggan. Anda bisa mengetahui pengalaman pelanggan yang kecewa sambil memikirkan perbaikan layanan yang masih bisa ditingkatkan.

Memiliki tim yang berfungsi lebih baik

Dengan penerapan budaya kualitas tinggi, perusahaan akan dapat merangsang daya pikir karyawan untuk menyumbangkan ide dan memberikan saran atau solusi untuk menghadirkan produk terbaik.

Mencegah rusaknya reputasi perusahaan

Sebuah merek yang gagal memenuhi janjinya untuk memberikan pelayanan prima hanya akan mendatangkan kekecewaan dari pelanggan. Harapan pelanggan untuk mendapatkan produk terbaik dari apa yang mereka beli sia-sia. Akibatnya kredibilitas merek menurun dan reputasi merek akan rusak seiring dengan buruknya pelayanan yang diterima oleh pelanggan.

Menjaga kepatuhan terhadap ISO

Alasan terakhir pentingnya jaminan kualitas adalah untuk menjaga kepatuhan terhadap sertifikasi standarisasi organisasi internasional melalui ISO. Beberapa bisnis perlu memiliki standar ISO sebagai salah satu cara mereka terlibat secara profesional dan memiliki perusahaan yang stabil. ISO 9001, misalnya, mengharuskan perusahaan untuk mengelola proses untuk kebutuhan pelanggan.

Industri yang Menggunakan Quality Assurance

Perusahaan teknologi

Seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan teknologi telah dirasakan oleh banyak orang. Sehingga keberadaan Quality Assurance Tester dalam proses quality control menjadi penting bagi perusahaan teknologi selain terintegrasi langsung dengan brand.

Contohnya adalah kasus Facebook, di mana perusahaan itu terlibat dalam skandal data Facebook dan pelanggaran data di Equifax. Kejadian ini mencoreng perusahaan dan menjadi PR besar bagi tim Humas untuk mengembalikan citra perusahaan. Sekalipun citra perusahaan dapat dipulihkan secara utuh, itu karena jaminan kualitas di dalamnya.

Makanan & Minuman

Industri berikutnya yang sering memiliki sistem jaminan kualitas adalah sektor makanan & minuman. Bisnis ini sering menjadi sorotan karena berkaitan dengan kehidupan banyak orang. Banyak pelanggan mencari sumber makanan dan minuman yang terjamin kualitasnya karena kebutuhan akan kesehatan dan kebersihan yang semakin dirasakan oleh masyarakat.

Organisasi Non-Profit

Organisasi sektor nirlaba mengandalkan kepercayaan dan niat baik masyarakat untuk beroperasi. Layanan mereka sudah mencakup gagasan tentang jaminan kualitas dan manajemen kualitas untuk tetap setia pada misi mereka. Sektor usaha lain yang telah menerapkan penjaminan mutu, seperti sektor keuangan, harus memiliki penjaminan mutu dan kepercayaan masyarakat. Kemudian ada industri manufaktur, kesehatan dan kecantikan serta instansi pemerintah.

Let's discuss more about your project

Isi formulir dan beri tahu kami bagaimana kami dapat membantu kebutuhan teknologi Anda. Tim IDstar siap mendukung kebutuhan Anda.

ALAMAT

Wisma Staco 7th Floor
Jl Casablanca Raya Kav. 18
Menteng Dalam, Tebet, South Jakarta – 12870
Indonesia

Ajukan Pertanyaan Kepada Kami:

Tidak punya waktu untuk menelepon? Kirim pertanyaan Anda ke tim dan kami akan segera menghubungi Anda.

Enter Your Name
Enter Your Email Address
Enter Your Company Name
Enter Your Valid Phone Number
Kirim Pesan
Chat dengan kami
Hi IDstar! From page Quality Assurance, I want to know more about your services