7 Langkah Digitalisasi UMKM, Saatnya Maju!

langkah digitalisasi umkm

IDstar, IT Consultant – Majunya teknologi telah banyak membuat perubahan pola perilaku dan kebiasaan di berbagai sektor, utamanya bisnis dan UMKM. Perkembangan teknologi kini menuntut berbagai sektor melakuka transformasi digital, termasuk di dalamnya digitalisasi UMKM.

Sebuah penelitian dari SpringerOpen, menggunakan data survei dari 518 UKM di China untuk meneliti hubungan antara digitalisasi dan respon krisis publik. Hasil empiris menunjukkan bahwa digitalisasi dapat membantu meningkatkan kinerja UKM.

Pada proses digitalisasi umkm, tindakan yang dilakukan tak terlepas dari bagaimana UMKM tersebut mengimplementasikan teknologi dalam proses bisnis hingga pemasarannya.

Agar lebih terbayang, artikel ini akan banyak membahas tentang pentingnya digitalisasi dalam UMKM serta bagaimana langkah-langkah yang perlu dilakukan agar UMKM sukses melakukan transformasi digitalnya.

Pentingnya Digitalisasi UMKM

Digitalisasi merupakan sebuah keharusan untuk menjawab tantangan zaman. Sebab, mayoritas masyarakat Indonesia sudah aktif sebagai pengguna internet. Nah, karena pengguna internet yang besar, maka peluang untuk memperkenalkan kehadiran UMKM di ranah digital tentu penting.

Pentingnya digitalisasi umkm atau bisnis dijelaskan pada salah satu riset yang dilansir dari ResearchGate, mengatakan bahwa Penelitian ini menunjukkan bahwa UKM perlu mengadopsi perubahan, seperti memperbaiki proses bisnis dan pengalaman pelanggan, untuk tetap kompetitif.

Semakin sering target pelanggan melihat kehadiran UMKM kita di ranah digital, maka semakin terkenal UMKM kita, dan semakin besar potensi mereka menjadi pelanggan potensial.

Memang tidak mudah bagi UMKM untuk terjun ke ranah digital, tapi setidaknya, bisa dimulai dengan memahami bagaimana langkah-langkah dan proses untuk transformasi ke ranah digital. Salah satunya bisa menggunakan Robot as a Service dari Digital Worker by IDstar.

Berikut beberapa poin mengapa digitalisasi UMKM itu penting:

  1. Peningkatan Jangkauan Pasar: Digitalisasi memungkinkan UMKM untuk memperluas jangkauan mereka jauh melampaui pasar lokal. Dengan kehadiran online, bisnis dapat menjangkau pelanggan di berbagai daerah bahkan negara, meningkatkan potensi penjualan dan pertumbuhan.
  2. Efisiensi Operasional: Teknologi digital seperti perangkat lunak manajemen, otomatisasi proses bisnis, dan alat analitik dapat meningkatkan efisiensi operasional. Ini mengurangi waktu dan sumber daya yang dihabiskan untuk tugas-tugas administratif, memungkinkan UMKM untuk fokus pada aspek inti dari bisnis mereka.
  3. Analitik dan Pengambilan Keputusan Berbasis Data: Digitalisasi memberikan akses ke data dan analitik yang berharga, yang membantu pemilik UMKM dalam membuat keputusan yang lebih tepat dan berbasis data. Hal ini mencakup pemahaman tren pasar, preferensi pelanggan, dan kinerja produk.
  4. Peningkatan Interaksi dengan Pelanggan: Platform digital seperti media sosial dan website memungkinkan UMKM untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan mereka. Ini membantu dalam membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan dan mendapatkan umpan balik langsung yang dapat digunakan untuk meningkatkan produk atau layanan.
  5. Pemasaran yang Lebih Efektif: Digitalisasi memungkinkan UMKM untuk memanfaatkan strategi pemasaran digital yang biayanya lebih efektif dibandingkan dengan metode tradisional. Teknik seperti SEO, pemasaran media sosial, dan iklan online dapat meningkatkan visibilitas merek dan menarik pelanggan baru.
  6. Ketahanan Bisnis: Dalam situasi seperti pandemi COVID-19, bisnis yang telah digitalisasi lebih mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar. Misalnya, beralih ke penjualan online saat pembatasan fisik diberlakukan.
  7. Akses ke Pasar Global: Digitalisasi membuka peluang bagi UMKM untuk bersaing di pasar global. Platform e-commerce dan solusi logistik digital memudahkan mereka untuk menjual produk atau layanan ke pelanggan di seluruh dunia.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Bisnis dengan Bantuan RPA

Langkah-langkah Digitalisasi UMKM

tips digitalisasi umkm

1. Kembali Riset Pasar dan Kompetitor

Dalam langkah awal digitalisasi, UMKM perlu melakukan riset pasar dan kompetitor untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan saat ini, serta untuk mengidentifikasi strategi yang digunakan oleh pesaing.

Riset ini membantu dalam menyesuaikan penawaran produk atau layanan agar lebih relevan dan menarik di pasar digital, serta dalam menentukan posisi pasar yang tepat.

Baca juga: 30 ide bisnis digital kreatif 2024

2. Coba Terjun Pemasaran Digital

UMKM harus mulai memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan mereka. Ini melibatkan penggunaan alat dan strategi seperti media sosial, SEO, iklan online, dan email marketing.

Dengan pemasaran digital, UMKM dapat menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya yang lebih efisien, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan.

3. Kembangkan Model Bisnis

Pengembangan model bisnis adalah tentang memodifikasi atau mengganti model bisnis tradisional dengan yang lebih sesuai untuk lingkungan digital.

Ini bisa berarti menambahkan saluran penjualan online, mengadopsi model berlangganan, atau menyediakan layanan berbasis digital. Perubahan ini membantu UMKM tetap relevan dan kompetitif dalam pasar yang terus berubah.

4. Kolaborasi dan Kemitraan

Membangun kolaborasi dan kemitraan dengan bisnis lain, terutama yang berbasis digital, dapat membantu UMKM dalam memperluas jangkauan dan kemampuan mereka.

Kemitraan ini bisa berupa kerjasama pemasaran, berbagi sumber daya teknologi, atau kemitraan strategis untuk menjangkau pasar baru atau mengembangkan produk baru.

5. Implementasi Otomasi Proses Bisnis

UMKM harus mengadopsi otomasi untuk memperbaiki efisiensi operasional. Ini mencakup otomatisasi manajemen inventaris, akuntansi, layanan pelanggan, dan proses lainnya.

Otomasi membantu mengurangi beban kerja manual, meminimalkan kesalahan, dan meningkatkan produktivitas keseluruhan.

Salah satu teknologi otomasi proses bisnis yang paling terkenal adalah RPA. RPA (robotic process automation) merupakan robot yang dibuat berbasis perangkat lunak untuk membantu mengotomatisasikan tugas-tugas berulang yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

RPA tidak hanya digunakan untuk bisnis skala besar tapi juga berguna untuk bisnis skala kecil seperti UMKM. Beberapa proses yang bisa diadaptasi oleh RPA untuk UMKM seperti, pelayanan pelanggan otomatis, proses input data, dan lain sebagainya.

6. Adaptasi dan Inovasi

UMKM harus beradaptasi dengan perubahan teknologi dan tren pasar. Ini termasuk mengadopsi teknologi baru, bereksperimen dengan ide-ide inovatif, dan menyesuaikan produk atau layanan mereka sesuai dengan kebutuhan pasar.

Adaptasi dan inovasi terus-menerus ini penting untuk memastikan bahwa UMKM tetap relevan dan dapat bersaing di pasar yang dinamis.

7. Evaluasi dan Penyesuaian

Langkah terakhir dalam proses digitalisasi adalah evaluasi berkelanjutan dan penyesuaian strategi. UMKM perlu secara rutin menilai efektivitas upaya digitalisasi mereka, menganalisis data kinerja, dan membuat penyesuaian yang diperlukan.

Proses ini memastikan bahwa bisnis terus berkembang dan mengoptimalkan pendekatan digital mereka untuk hasil terbaik.

Baca juga: Manfaat Menggunakan Konsultan IT Bagi Bisnis

Kesimpulan

Digitalisasi UMKM cukup penting bagi setiap owner bisnis. Ada banyak manfaat melakukan transformasi digital ini, seperti peluasan pasar, mendapatkan banyak pelanggan potensial, efisiensi bisnis, hingga memaksimalkan proses bisnis.

Apabila kamu ingin melakukan transformasi digital namun masih bingung memulai dari mana, silakan berkonsultasi dengan Kami.

IDstar adalah perusahaan yang menyediakan layanan outsourcing IT serta intelligent automation yang siap memberikan Anda sesi konsultasi secara gratis dan memberikan Anda solusi terbaik untuk proses bisnis demi mencapai efisiensi dan produktivitas. Yuk, konsultasikan segera!

Yuk, cari tahu bagaimana IDStar dapat membantu bisnis Anda.

Hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda, sekarang juga!

pexels-photo-3182812-1024x683_11zon

Share

IDStar Insights

Related Insights

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services