4 Chrome Extension yang Wajib dimiliki oleh Web Developer

chrome extention

Browser apa yang Kamu pakai untuk mengembangkan aplikasi web? Chrome, Firefox? Mungkin rata-rata programmer web menggunakan kedua browser tersebut. Pengguna internet di Indonesia rata-rata menggunakan browser Chrome dan Firefox masing-masing di kisaran 40% ke atas.  sisanya adalah pengguna Internet Explorer, Opera, Safari dan browser lainnya dengan total pengguna 7%. Hal ini mungkin sudah bisa kita tebak. Baik Chrome dan Firefox memiliki tingkat perkembangan yang tinggi, baik dari segi trend, kemudahan pemakaian, juga karena ketersediaan ekstensi atau addon yang meningkatkan fungsionalitas browser.

Pada tulisan kali ini kita akan mengulas 10 ekstensi browser Chrome yang bisa kita manfaatkan khususnya bagi web developer untuk meningkatkan produktivitas dalam membangun sebuah aplikasi. Ekstensi yang kami pilih adalah ekstensi yang memiliki rating di atas bintang 4, dengan pengguna terbanyak pada variannya. Selain kriteria tersebut, penulis juga memasukkan pertimbangan kelengkapan fungsionalitas dalam pengembangan aplikasi web. Adapun urutan penyajian tidak dalam konteks menunjukkan peringkat dari segi kualitas dan fungsionalitas.

Sebagai seorang  developer, tentunya ada banyak tools yang kamu gunakan. Mulai dari framewrok hingga Google Chrome Extension khusus untuk developer. Tools ini akan memudahkanmu dalam mengembangkan website ataupun untuk kebutuhan kerja lainnya. Yuk, simak tujuh rekomendasi Google Chrome Extension yang bisa kamu gunakan sebagai developer.

Apa itu Chrome Extension?

Web browser Google Chrome merupakan salah satu peramban dengan jumlah terbanyak. Namun, terkadang dengan tampilan yang biasa-biasa saja, Chrome cukup membosankan.

Selain bisa memberikan tema untuk mewarnai Google Chrome, kamu juga bisa menambahkan extension untuk web browser favoritmu. Extension merupakan pernak – pernik yang bisa kamu gunakan, salah satunya untuk menambah produktivitasmu. Berikut extension google chrome yang bisa bermanfaat untuk kamu.

Bagaimana Cara Menambahkan Chrome Extension?

1. Untuk menambahkan ekstensi di Chrome, kamu bisa menuju ke Chrome Web Store dan Anda dapat menemukan beragam ekstensi yang tersedia

2. Setelah mencari dan menemukan ekstensi yang diinginkan, klik tombol bertuliskan Add to Chrome

3. Kemudian akan muncul pop-up konfirmasi apakah Anda yakin untuk menambahkan ekstensinya atau tidak

4. Setelah ekstensi berhasil dipasang, Anda akan mendapatkan notifikasinya di sudut kanan browser Chrome

 

1. Light House

lighthouse chrome extension

Lighthouse adalah alat (bantu) sumber terbuka otomatis untuk meningkatkan kualitas aplikasi web Anda. Anda bisa menjalankannya sebagai Ekstensi Chrome atau dari baris perintah. Kamu bisa beri Lighthouse sebuah URL yang ingin kamu audit, maka Lighthouse menjalankan serangkaian pengujian terhadap laman tersebut, kemudian menghasilkan sebuah laporan mengenai seberapa bagus laman itu menjalaninya. Dari sini kamu bisa menggunakan pengujian yang tidak lulus sebagai indikator atas apa yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan aplikasi.

Ada dua cara untuk menjalankan Lighthouse, sebagai Ekstensi Chrome, atau sebagai alat (bantu) baris perintah. Ekstensi Chrome menyediakan antarmuka yang lebih ramah pengguna untuk membaca laporan. Alat (bantu) baris perintah memungkinkan Anda mengintegrasikan Lighthouse ke dalam sistem integrasi kontinu.

2. Wappalyzer

wappalyzer chrome extension

Wappalyzer merupakan webtool yang berfungsi untuk mengidentifikasi sistem yang digunakan untuk membangun/men-develop suatu website (profiler teknologi). Wappalyzr dibuat oleh Elbert Alias ​​pada tahun 2008.

Wappalyzer berupa ekstensi pada web browser Google Chrome. Anda dapat mengunduh dengan cuma-cuma. Tool ini dapat anda gunakan untuk menyusun analisis pasar dan meneliti teknologi yang digunakan oleh kompetitor.

3. ColorZilla

ColorZilla extension chrome

ColorZilla merupakan sebuah add ons pada browser yang dapat membantu anda mencari tau kode warna yang terdapat pada sebuah website, asik kan ? Add ons ini gratis dan telah tersedia untuk Mozilla Firefox dan Google Chrome yang merupakan browser paling popular saat ini. Fitur yang ditawarkan ColorZilla yaitu:

  • Eyedropper – Fitur ini memungkinkan anda untuk mendapatkan warna apapun yang tertera pada jendela browser anda, Color Picker ini mirip dengan yang mungkin sering anda temukan pada photosop.
  • Zoom Option – Dengan fitur zoom ini anda akan lebih mudah untuk mendapatkan warna secara tepat di browser anda
  • Pallet Viewer – sepenuhnya kompatibel dengan GIMP (GNU Image Manipulation Program)
  • Webpage DOM Analyzer – fitur ini akan menganalisa serta mencari tau kode warna apa saja yang terdapat sebuah halaman website
  • Ultimate CSS Gradient Generator – Dengan fitur ini anda akan dipermudah untuk membuat gradiasi warna pada CSS sesuai dengan kebutuhan anda
  • Online Pallete Viewer – Anda bisa melihat dan menandai palet warna secara online, selain itu anda juga bisa berbagi palet warna ini melalui social media. Mantap.
  • History & Favorite Palletes – fitur ini akan mencatat palet warna yang telah digunakan dan palet warna apa saja yang sering anda gunakan
  • Multi Platform –  Tools ini bisa anda gunakan pada system operasi windows ataupun linux
  • Membuat komposisi sebuah warna mulai dari RGB, CMYK, HSV, LAB serta kode HEX nya sudah tersedia dalam sekali klik
  • Auto Copy Palet warna
  • Mengukur jarak antara dua titik di browser

4. Clear Cache

clear cache chrome extension

Kadangkala ketika kita membangun sebuah halaman web kemudiam memodifikasi beberapa komponen di dalamnya, perubahan pada halaman web tidak langsung muncul disebabkan oleh cache. Dengan ekstensi ini kita dapat membersihkan cache browser dengan sekali klik.

Ekstensi ini digunakan untuk menghilangkan:

– Hapus riwayat browser.

– Kosongkan cache.

– Hapus cookie.

– Hapus riwayat unduhan.

– Kamu dapat memilih waktu dari saat Anda ingin menghapus.

Ekstensi ini tidak menghapus data berikut:

– Tidak bisa menghapus data dari formulir pengisian otomatis kamu.

– Tidak bisa menghapus kata sandi yang disimpan di browser Google Chrome.

– Tidak bisa menghapus sistem file dan penyimpanan lokal.

– Tidak bisa menghapus cache dari aplikasi.

– Tidak bisa menghapus data plugin.

– Tidak bisa menghapus data dari WebSQL atau IndexedDB.

– Tidak bisa menghapus bookmark favorit Anda.

– Tidak bisa akan menghapus riwayat video YouTube kamu.

– Tidak bisa menghapus data dari sinkronisasi Chrome Anda atau data lain yang terkait dengan akun gmail kamu.

– Tidak bisa menghapus log aktivitas Facebook atau Twitter kamu.

 

Itu adalah 4 Chrome Extension yang wajib dimiliki oleh web developer. Apakah kamu sudah pernah mencoba nya?

 

IDStar is hiring for Developer Positions. Check out our latest job vacancies and Submit your CV here

Share

IDStar Insights

Related Insights

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services