11 Cara Mendapatkan Kerja di Linkedin dengan Cepat, Ampuh!

tips cepat dapat kerja di Linkedin

IDStar – Bagaimana cara mendapatkan pekerjaan dengan cepat di LinkedIn? Yuk, simak artikel IDStar sampai habis. Tak bisa dimungkiri, di antara banyak platform pencari kerja, Linkedin menjadi pilihan untuk menemukan lowongan pekerjaan.

Bukan tanpa sebab, fitur dalam LinkedIn juga sering digunakan oleh banyak orang sebagai sosial media professional dan untuk mempermudah pencari kerja agar mendapatkan posisi yang relevan sesuai dengan kualifikasi dan keahlian, serta lokasi kerja. Ingin cepat mendapat kerja di Linkedin? Yuk simak 11 Tips Dapat Kerja dengan Cepat di Linkedin !

Tampilannya yang user-friendly memudahkan penggunanya untuk mencari pekerjaan. Meski begitu, pastikan juga telah membuat profil LinkedIn yang baik, menarik, tapi tetap memberikan kesan profesional agar dilirik oleh perusahaan yang diincar. Setelah itu, barulah langkah berikutnya mencari lowongan pekerjaan.

Seperti media sosial lainnya, LinkedIn juga harus dimaksimalkan penggunannya, supaya bisa berpotensi membantu para profesional untuk menjalin koneksi dengan kolega, dan juga mendapatkan pekerjaan bahkan sampai proses interview

Tentu saja, menggunakan LinkedIn, bukan hanya sekadar memperbarui informasi, atau memasang profil foto profesional, tapi ada juga hal lain yang menjadi pertimbangan.

Apa Itu LinkedIn?

cara dapat kerja di Linkedin
Pexels

Sebelum membahas jauh tentang LinkedIn, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu definisinya. Sebagai salah satu situs jejaring sosial, LinkedIn memang dirancang khusus untuk komunitas bisnis.

Hal tersebut terlihat dari tujuan pendiriannya, yaitu untuk memungkinkan anggota yang sudah terdaftar, membangun serta mengabadikan koneksi orang-orang yang sudah dikenal dan dipercaya secara profesional.

Para anggota yang sudah terdaftar bisa memanfaatkan fitur profil sebagai sarana untuk menunjukkan diri melalui riwayat pendidikan, pekerjaan serta keterampilan. Kamu bisa mengisi hal-hal tersebut di halaman profil anggota dengan mudah.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa kategori lain, atau pun mendeskripsikan jobdesk dari pekerjaan mu. Hal tersebut sangat berguna bagi recruiter untuk mengetahui sejauh mana kemampuan mu.

Untuk bisa menjadi anggota LinkedIn, kamu hanya perlu mendaftarkan diri di situs tersebut secara gratis. Namun, jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap, kamu bisa berlangganan secara premium.

Kegunaan LinkedIn

Ada beberapa kegunaan Linkedin yang jarang dimanfaatkan oleh Jobseeker. Nah, kalau kamu ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat, wajib banget tahu kegunaan Linkedin di sini.

1. Membuat Profil yang Profesional

Kamu bisa memulainya dengan mengisi secara lengkap halaman profil mu, mulai dari data diri, foto, riwayat pendidikan, pekerjaan, keterampilan hingga melampirkan Curriculum Vitae.

Dengan begitu, kamu akan mendapat kesan awal yang baik dengan para profesional. Sebab, kesan pertama menjadi penting karena akan menentukan bagaimana perjalanan karir mu.

2. Memperluas Koneksi

Kegunaan LinkedIn yang selanjutnya adalah untuk memperluas jaringan. Kamu bisa memanfaatkan LinkedIn untuk berinteraksi dengan banyak orang di seluruh dunia.

Salah satu caranya adalah melalui profil profesional. Di mana, kamu bisa menambah koneksi dengan orang-orang yang memiliki kesamaan ketertarikan atau pun bidang kerja.

3. Mendapatkan Informasi Terbaru tentang Pekerjaan

Kamu juga bisa mendapatkan inspirasi dan informasi terbaru mengenai pekerjaan di LinkedIn. Pasalnya, pada halaman utama LinkedIn, orang-orang tak jarang memberikan informasi tentang suatu hal.

Kamu bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk menambah ilmu dan wawasan untuk mengembangkan diri menjadi orang yang lebih baik lagi ketika bekerja.

Baca juga: Cek Gaji IT Developer di Sini

4. Mempermudah Mencari dan Melamar Pekerjaan

Kegunaan LinkedIn yang keempat adalah memudahkan mu dalam mencari dan melamar pekerjaan. Sebab, ada fitur search jobs yang bisa kamu gunakan dengan mudah.

Dengan satu kali klik, kamu bisa langsung menemukan sederet lowongan pekerjaan, mulai dari perusahaan kecil hingga perusahaan besar dan ternama. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Kini kamu tidak perlu lagi membuang-buang waktu, tenaga serta biaya yang besar untuk melamar kerja. Karena, lamaran mu akan langsung tersambung dengan akun LinkedIn mu yang sudah memiliki data diri lengkap.

5. Membuka Peluang Direkrut oleh Perusahaan

Sebagian besar pengguna LinkedIn adalah perusahaan-perusahaan eksekutif besar. Mereka memanfaatkan LinkedIn sebagai sarana untuk mencari calon karyawan yang cocok dengan kriteria perusahaan mereka.

Untuk itu, sebaiknya selalu memperbarui data profesional pada akun mu. Sebab, mudahnya akses untuk mengetahui data profesional seseorang, membuat para eksekutif memanfaatkan hal ini sebagai sarana untuk merekrut seseorang.

6. Menjalin Hubungan dengan Teman Lama

LinkedIn juga berguna untuk menjalin kembali hubungan dengan teman lama. Pasalnya, kamu bisa menemukan teman lama mu yang berkemungkinan bisa diajak bekerjasama.

Karena pada dasarnya, manusia cenderung lebih percaya kepada orang-orang yang sudah dikenal sebelumnya.

Tidak hanya didasarkan pada rasa percaya yang tinggi, tetapi bekerjasama dengan orang yang dikenal sejak lama akan memberikan hasil yang maksimal.

7. Personal branding

Kegunaan LinkedIn yang terakhir adalah kamu bisa menunjukkan keahlian alias personal branding. Salah satu caranya adalah mempublikasikan beberapa hal seperti aktivitas, pencapaian, sertifikasi, keahlian yang kamu punya. Dengan begitu, orang yang mengunjungi profilmu akan tahu sejauh apa kualitas dirimu.

Baca juga: Tips untuk Kamu yang Ingin Wawancara Kerja Web Developer

11 Tips yang Agar Cepat Mendapatkan Pekerjaan Lewat LinkedIn

cara dapat kerja di Linkedin
Pexels

Dengan menerapkan cara-cara berikut ini, kesempatan untuk kamu cepat mendapatkan pekerjaan baru, bisa lebih dekat. Jadi yuk, simak baik-baik!

1. Gunakan Foto Profile yang Profesional

Sebagai platform sosial media yang professional, kamu harus mempersiapkan foto profile yang professional karena kita berharap untuk bisa menjalin kerja sama dan interaksi dengan teman linkedin bahkan untuk mencari pekerjaan.

Bagaimana foto profil yang baik?

  1. Hindari memasang foto ijazah / foto yang terlalu kaku (pas foto)
  2. Hindari foto yang tidak senyum
  3. Perhatikan cahaya pada foto (jangan terlalu gelap)
  4. Pastikan wajahmu terlihat jelas
  5. Gunakan pakaian yang rapih dan sopan

2. Gunakan Headline/banner yang Professional

Selain foto yang profesional tapi tidak kaku, kamu juga bisa mengoptimasi penggunaan headline di LinkedIn. Gunakan headline yang menjelaskan kemampuanmu di bidang apa, skill yang kamu kuasai apa, atau kamu ingin berkarier di bidang apa.

Sesuaikan headline dengan ukuran yang direkomendasikan oleh LinkedIn. Gunakan warna yang terang dan sesuai dengan profilmu.

3. Buat Cerita tentang Diri Kamu di “About Me”

Walaupun di bagian About Me biasanya Linkedin memberikan template yang bisa langsung kamu pakai dan tampilkan di profile, tapi ada baiknya untuk membuat versi kamu sendiri.

Buatlah diri kamu mudah diingat oleh orang lain dengan membuat cerita yang menarik tentang diri kamu. Perekrut biasanya lebih tertarik untuk merespon kandidat yang melakukan story-telling tentang dirinya.

Contoh about me yang bisa kamu tiru:

Hi, I’m Dzul Fiqram as a Digital Marketer with solid skill in:
– Content Marketing (Strategy, Plan, Execute)
– Creative Content Writer & Copywriting,
– Search Engine Optimization,
– Social Media Strategi & Analytics,
– Research Marketing,
– Email Marketing, etc.

Have knowledge about:
– SEO Tools (Ahrefs, Google Search Console, Google Analytics Performance),
– Advertising tools (Meta ads, TikTok ads, and Google ads),
– Email marketing tools (Mailchimps),
– Content operation (WordPress, YT Studio, Google Suites Business).

Experience in:
– Writer agency,
– Media industry,
– Industrial banking,
– Start-up project,
– Edu-Tech.

Thanks for checking out my profile!

4. Lakukan Update Profile secara Berkala

Hal terpenting dalam menggunakan Linkedin adalah memperbarui profile kamu. Kamu harus rajin upload Setiap kamu mengikuti pelatihan atau memiliki kemampuan baru, kamu wajib untuk memperbarui profile kamu ya

5. Follow Perusahaan yang Kamu Inginkan dan Lakukan Riset

Setelah memperbarui profile kamu, sebaiknya kamu sudah tau perusahaan apa yang dituju. Saat ini Linkedin bisa menghubungkan kamu dengan banyak perusahaan. Mulai lah dengan riset perusahaan, dengan begitu kamu jadi lebih banyak tau tentang perusahaan tersebut.

6. Optimasi bio dengan kata kunci relevan

Perhatikan bio kamu. Jangan isi bio dengan kata-kata motivasi atau lainnya. Tapi, lebih baik fokus pada keyword target karier kamu.

Misalnya, jika kamu mengincar pekerjaan digital marketing, maka bisa menuliskan kata “Digital Marketing Enthusias” di bio profil kamu. Begitu pun jika ingin mengincar pekerjaan data analyst, maka tuliskan kata “Data Analyst Enthusias” di bio kamu.

7. Aktifkan fitur open to work di profil

Tak kalah penting, jika kamu ingin lebih terlihat sebagai jobseeker, maka jangan lupa aktifkan fitur open to work di profil kamu. Para rekruiter akan lebih memprioritaskan orang-orang dengan “kalung hijau” tersebut. Sederhananya, visibilitas kamu akan lebih terlihat di mata rekruter sebab profilmu terlihat berbeda.

8. Follow dan aktif berkomunikasi dengan rekruiter

Jika ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat di LinkedIn, jangan lupa untuk aktif berkoneksi dan berkomunikasi dengan rekruiter. Dengan ini, kamu lebih mudah terlihat dan terjangkau oleh rekruiter daripada hanya fokus melamar pekerjaan saja.

9. Targetkan lamaran pekerjaan per hari

Tak hanya aktif berkomentar dan berkoneksi, kamu perlu menyusun target lamaran per hari. Misalnya, targetkan melamar pekerjaan 10 lamaran per hari.

Terdapat fitur “easy to apply” di LinkedIn yang bisa memudahkanmu untuk melamar pekerjaan tanpa membuang banyak waktu.

10. Aktifkan notifikasi pekerjaan sesuai yang kamu incar

Kamu bisa mengaktifkan notifikasi pekerjaan sesuai pilihan yang kamu incar. Misalnya, kamu mengincar pekerjaan Front End Developer, maka aktifkan notifikasi pekerjaan tersebut agar setiap ada pekerjaan yang berkaitan kamu bisa ter-notice dan langsung cepat apply.

Semakin cepat kamu apply pekerjaan, maka semakin banyak peluang cv kamu dibaca oleh rekruiter.

11. Lengkapi profilmu dengan maksimal

Yang tak kalah penting agar kamu cepat dapat pekerjaan di LinkedIn adalah lengkapi profilmu dengan maksimal. Isi bagian pengalaman kerja, pengalaman pendidikan, pengalaman organisasi, sertifikasi, publikasi, skill, dan minta beberapa rekan kamu memberikan rekomendasi.

Dengan memaksimalkan data di profilmu, maka rekruiter akan semakin tertarik untuk menghubungimu. Pastikan bahwa skill dan data yang kamu isi relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu targetkan.

Ingin berkarier di dunia digital? Yuk, join di IDStar!

Itu dia cara mendapatkan pekerjaan di Linkedin yang bisa kamu lakukan. Nah, bagi kamu yang tertarik berkarier di dunia digital, IDStar memiliki banyak lowongan kerja, nih. Kamu bisa cek beberapa lowongan kerja yang tersedia di halaman karier IDStar. Bisa cek di sini.

Share

IDStar Insights

Related Insights

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services