Apa Itu IT Outsourcing Services? Ini 6 Manfaatnya

it outsourcing services

IDstar, IT Consulting Jakarta – IT Outsourcing Services mengacu pada praktik bisnis ketika perusahaan mendelegasikan proses bisnis yang membutuhkan dukungan IT ke penyedia layanan eksternal. Seiring dengan proses skala penuh, organisasi juga dapat mengembangkan layanan aplikasi dan solusi infrastruktur, serta spektrum peran teknologi lainnya. Beberapa layanan tersebut antara lain web design, cloud hosting, dan cybersecurity, serta quality assurance testing, bisnis apps, dan lainnya.

Artikel ini akan membahas secara tuntas tentang apa itu IT Outsourcing services dan bagaimana manfaat menggunakan IT Outsourcing untuk bisnis.

Baca juga: IT Outsourcing Terbaik di Indonesia, Mengapa Memilih Kami?

Apa Itu IT Outsourcing?

IT Outsourcing Services adalah sebuah praktik di mana sebuah perusahaan atau organisasi menyerahkan sebagian atau seluruh fungsi layanan teknologi informasi (IT) mereka kepada penyedia layanan eksternal yang spesialis dalam bidang tersebut. Praktik ini dilakukan untuk berbagai alasan dan melibatkan berbagai jenis layanan

IT Outsourcing mewujudkan cara baru untuk beradaptasi dengan tantangan pandemi baru dan kelangsungan bisnis yang sangat mudah. Menurut Statista, pembelian untuk IT Outsourcing Services diproyeksikan tumbuh hingga $1,2 triliun di seluruh dunia pada tahun 2021. Ini hampir 10 persen lebih tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya, karena dampak ekonomi dari COVID-19.

Anda butuh IT Outsource untuk Perusahaan Anda? Hubungi Kami Melalui Contact Us atau WhatsApp.. Konsultasikan Kebutuhan Perusahaan Anda secara Gratis!

Namun, IT Outsourcing masih menimbulkan prasangka yang membuat perusahaan menghindari praktik bisnis ini.

Dengan mengingat hal itu, kami memutuskan untuk memberikan insight untuk Anda. Posting ini bertujuan untuk membahas manfaat penyedia jasa IT Outsourcing sehingga Anda akan melakukan keputusan yang tepat. Jadi jika Anda bertanya-tanya “Apa itu IT Outsourcing Services?”, postingan ini akan memuaskan rasa ingin tahu Anda.

6 Manfaat IT Outsourcing Services

Karena wabah COVID-19, remote development team menjadi aktivitas new normal. Pandemi telah menyentak banyak perusahaan untuk memodernisasi dan menerima kenyataan bahwa kita tidak lagi terbelenggu ke kantor. Semua ini secara positif membentuk citra IT Outsourcing Services dan menghilangkan stigma.

Jadi tidak heran jika pertanyaan tentang keuntungan dan apa itu IT Outsourcing Company? Secara signifikan mengimbangi kontra. Inilah mengapa semakin banyak perusahaan memilih untuk melakukan outsource development team.

1. Hemat Biaya

Masa ekonomi yang sulit telah menyebabkan perusahaan menghadapi penurunan yang mengakibatkan hilangnya pekerjaan atau penutupan pintu mereka. Bahkan perusahaan-perusahaan papan atas seperti IBM dan General Motors mengalami PHK besar-besaran agar tetap bertahan, sejalan dengan ini saatnya IT Outsourcing Services dapat membantu.

Mitra IT Outsourcing dapat membantu perusahaan memangkas biaya, karena:

  • Vendor mengambil alih biaya pada proses screening dan banyaknya putaran interview.
  • Tunjangan yang menambah gaji karyawan menjadi tanggung jawab Mitra IT Outsourcing.
  • Tidak ada biaya yang terkait dengan pelatihan karyawan.
  • Vendor beralih ke pengaturan pembelian dan penyewaan massal yang lebih efektif untuk semua hardware dan software.
  • Anda mendapatkan update teknologi generasi berikutnya dengan harga lebih rendah dibandingkan dengan perusahaan di lingkungan Silicon Valley.

Baca juga: Cara Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi dan Contohnya

2. Akses Ke Sumber Daya dan Teknologi Baru

Market job lokal mungkin sering gagal memenuhi kebutuhan IT Talent yang berkembang. Oleh karena itu, jasa Mitra IT Outsourcing memungkinkan perusahaan untuk memasuki area baru yang tidak tersedia dan mengembangkan jangkauan market mereka ke wilayah baru. Jadi, jika sebuah bisnis ingin memperluas operasinya, terutama ke pasar yang belum diselidiki, outsourcing adalah alternatif yang layak untuk membangun kapasitas yang diperlukan dari bawah ke atas.

3. Fleksibilitas

Fleksibilitas tempat kerja penting dalam dunia bisnis yang sibuk. Demikian pula, fungsi IT Talent harus berkembang cukup cepat untuk mendukung permintaan yang berfluktuasi. Layanan IT Outsourcing memungkinkan perusahaan untuk menangani tuntutan siklus dan mendatangkan sumber daya tambahan bila diperlukan. Remote Development Team kemudian dapat dilepaskan sesuai permintaan, berkontribusi pada fleksibilitas perusahaan.

4. Remote Monitoring

Lingkungan bisnis modern mengalami berbagai perubahan. Dan perubahan ini memerlukan peluang dan ancaman yang harus dihadapi oleh bisnis Anda. Mendelegasikan operasional IT baru ke bisnis atau konsultan eksternal akan memungkinkan Anda dengan cepat mengisi peran teknologi informasi yang diperlukan untuk bisnis Anda.

Baca juga: Apa Itu Work Life Balance dan Cara Implementasi di Perusahaan

5. Technical Support

Technical Support adalah berbagai layanan yang disediakan vendor kepada klien mereka untuk membantu mengelola software development. Technical Support yang dialihdayakan juga mencakup berbagai manfaat sekunder. Pertama-tama, Anda tidak perlu menyewa spesialis internal dan menanggung pengeluaran terkait untuk mendukung sistem Anda.

Oleh karena itu, lebih mudah dan lebih efektif untuk memindahkan operasi ini ke vendor teknologi dengan kompetensi yang relevan. Insentif ini sangat penting bagi usaha kecil dan menengah yang ingin mendorong pertumbuhan lebih lanjut.

6. Tidak Membutuhkan Pelatihan

Pelatihan staf mahal. Tetapi tidak adanya hal yang disebutkan di atas dapat menyebabkan pekerjaan yang ceroboh, pergantian karyawan pada akhirnya, atau praktik IT yang ketinggalan zaman. Di sisi lain inilah jawaban dari pertanyaan apa itu IT Outsourcing Services? berarti bahwa spesialis software development outsourcing telah menerima pelatihan khusus dan konsisten. Dengan demikian, perusahaan Anda akan tetap mengetahui produk, layanan, atau proses IT baru.

Baca juga: Transformasi Digital: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya, Lengkap!

7. Keamanan Yang Ditingkatkan dan Risiko Bersama

Apa itu IT outsourcing services dan bagaimana mereka menangani isu cybersecurity? Kesenjangan keterampilan cybersecurity adalah masalah umum yang mengganggu bisnis. Sebagai akibat dari ancaman dan serangan cybersecurity, perusahaan dapat kehilangan data atau membahayakan pelanggan mereka. Layanan IT Outsourcing menawarkan akses hemat biaya ke alat keamanan khusus, patch terbaru, dan keahlian secara bersama. Selain itu, fungsi-fungsi IT yang dikelola juga dilengkapi dengan infrastruktur yang aman dan keamanan data terbaik.

Anda butuh IT Outsource untuk Perusahaan Anda? Hubungi Kami Melalui Contact Us atau WhatsApp.. Konsultasikan Kebutuhan Perusahaan Anda secara Gratis!

IT Outsourcing Indonesia dari IDstar

IDstar adalah perusahaan IT Consultant yang menyediakan layanan outsourcing dan intelligent automation. Kami telah berpengalaman memberikan banyak talenta yang berdedikasi dengan pengalaman professional yang mengesankan.

Jika Anda butuh IT outsourcing terbaik, jangan ragu untuk menghubungi kami dan konsultasikan seperti apa kebutuhan Anda secara spesifik. Kami akan memberikan talenta terbaik kami dengan waktu yang sesuai permintaan Anda. Silakan hubungi kami di kontak WhatsApp atau contact us kami.

Yuk, cari tahu bagaimana IDStar dapat membantu bisnis Anda.

Hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda, sekarang juga!

pexels-photo-3182812-1024x683_11zon

Share

IDStar Insights

Related Insights

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services