fbpx

Ternyata Ini Skill yang Wajib Dimiliki Millennial di Dunia Kerja!

Menjadi generasi millennial di zaman sekarang pasti tidak lepas dari berbagai kemudahan sekaligusnya sejumlah tantangan. Tingginya persaingan untuk sukses di dunia karir begitu ketat, bahkan untuk millennial yang pertama kali masuk dunia kerja. Ternyata ini skill yang wajib dimiliki millennial di dunia kerja loh, apa aja ya?

Mereka yang berada pada usia produktif ini mendominasi dalam berbagai bidang kehidupan. Persaingan antara generasi millennial pun tidak bisa dihindarkan. Sebagai salah satunya, kamu harus mampu bersaing dan bertahan.

Selain hard skills atau ilmu yang kamu dapatkan secara formal, kamu juga harus memiliki soft skills yang tidak diajarkan di sekolah. Dalam dunia kerja, soft skills justru lebih banyak membantumu untuk berkembang.

Kini, sudah saatnya meng-update skill atau kemampuan kamu agar tidak kalah bersaing dengan orang lain!

Skill yang Wajib Dimiliki Millennial di Dunia Kerja

  • Kreatif

Ide-ide baru akan terus bermunculan yang berguna bagi banyak orang. Kreativitas dapat diasah dengan banyak membaca buku, menonton berita, atau menonton youtube. Dengan banyaknya inovasi teknologi serta kemudahan akses informasi, kreativitas Anda masih bisa diasah.

  • Menyelesaikan Masalah

Dalam dunia kerja, masalah pasti akan hadir dalam berbagai bentuk. Misalnya saja masalah komunikasi antar karyawan yang jelas tidak mungkin terhindarkan. Anda diharapkan memiliki skill dalam mencari solusi atas permasalah tersebut. Masalah akan selalu ada, tetapi ketika solusi telah tersedia, harapannya tidak akan timbul masalah baru yang akan membuat pekerjaan menjadi kacau.

  • Kerja Sama Tim

Kecanggihan teknologi di era digital membawa satu dampak buruk bagi kaum millennial: mereka cenderung menjadi pribadi yang egois dan suka bekerja sendiri. Padahal di dunia nyata, kamu harus bertemu dengan banyak orang dan bekerjasama dengan mereka. Apalagi jika kalian memiliki tujuan yang sama. Rasanya mustahil kamu bisa melakukan segalanya sendirian.

Apapun posisi yang kamu miliki di masyarakat atau perusahaan, kamu harus bisa bekerjasama dengan orang lain. Bekerja di dalam tim akan melatih kemampuan komunikasi, adaptasi, hingga daya saingmu.  Kamu harus melatih soft skill ini sedini mungkin.

Cara dimulai dengan bergabung di organisasi kampus atau sekolah. Dengan pengalaman sebagai anggota organisasi, kamu akan mendapatkan gambaran kasar tentang bagaimana dunia nyata yang sesungguhnya. Jadi saat kamu sudah masuk dunia kerja, kamu tidak asing dengan berbagai dinamika dalam tim yang mungkin terjadi.

  • Kepemimpinan

Tidak semua orang tertarik untuk menjadi pemimpin, namun dalam pengembangan skill Anda diharapkan mampu menguasainya. Setiap orang akan mengalami kenaikan posisi dalam pekerjaan sehingga Anda tidak dapat dihindarkan dari kepemimpinan. Kepemimpinan dapat dilatih dengan keberanian untuk melihat peluang ketika kesempatan itu datang.

  • Networking

Memiliki networking sangat berpengaruh dalam membangun karier. Semakin luas networking yang Anda bangun akan semakin besar datangnya peluang dan kesempatan.

Networking skill atau kemampuan membangun jaringan atau hubungan dengan orang lain ini sangat penting dimiliki oleh seorang marketing. Dengan memaksimalkan kemampuan tersebut, seorang marketing akan dapat mengembangkan dirinya dan juga bisa terus mencapai target yang diinginkan.

  • Berpikir Kritis

Dalam hidup kamu akan selalu menemui masalah dan tantangan. Jika kamu adalah seorang yang mampu berpikir kritis, maka kamu akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Inilah yang kamu butuhkan untuk menghadapi dunia kerja.

Inti dari berpikir kritis adalah menemukan solusi yang paling mudah dan cepat untuk menyelesaikan masalah. Kamu bisa melatih kemampaun berpikir kritis melalui banyak hal. Misalnya, dengan banyak menonton film-film atau buku detektif seperti Sherlock Holmes.

Biasakan dirimu untuk menganalisa situasi dan membuat keputusan berdasarkan data-data yang ada. Tiga aspek yang sangat dibutuhkan dalam hal ini adalah rasa ingin tahu, fleksibilitas, dan kreativitas.