10 Manfaat Verifikasi Biometrik dalam Perbankan

manfaat verifikasi biometrik perbankan

IDstar, IT Consulting Indonesia – Dalam dunia perbankan, keamanan adalah prioritas utama, tidak hanya untuk memenuhi ekspektasi pelanggan tetapi juga untuk mematuhi regulasi yang ketat.

Untung saja, kehadiran verifikasi biometrik menjadi penolong. Verifikasi biometrik adalah teknologi yang memanfaatkan ciri fisik unik untuk mengidentifikasi individu, teknologi ini merupakan salah satu inovasi terdepan dalam menjaga keamanan data.

Teknologi ini memanfaatkan beberapa hal unik dalam diri manusia untuk menjadi alat verifikasi data seperti menggunakan sidik jari, pengenalan wajah, iris mata, atau bahkan pola suara. Dengan teknologi tersebut, bank kini dapat menawarkan keamanan yang lebih ketat dan pengalaman yang lebih personal kepada nasabah mereka.

Penelitian dari Grand View Research menyatakan bahwa pasar sistem biometrik global diperkirakan akan tumbuh menjadi 59,31 miliar USD pada tahun 2025. Perusahaan mengadopsi teknologi biometrik tidak hanya untuk keamanan tetapi juga untuk meningkatkan efisiensi operasional melalui proses yang lebih cepat dan lebih otomatis

Manfaat Verifikasi Biometrik Perbankan

Artikel ini akan membahas lebih detail tentang apa saja peran verifikasi biometrik dalam industri perbankan. Yakni:

1. Meningkatkan Keamanan

Meningkatkan keamanan data

Laporan Symantec pada 2021 mencatat bahwa sektor keuangan adalah target utama serangan siber, termasuk phishing, serangan malware, dan ransomware. Sekitar 34% serangan phishing global menargetkan sektor perbankan, keuangan, dan asuransi.

Verifikasi biometrik mengurangi risiko kecurangan dan pencurian identitas secara signifikan. Dibandingkan dengan kata sandi atau PIN yang dapat dicuri atau dilupakan, ciri biometrik hampir mustahil untuk dipalsukan.

Penerapan sidik jari atau pengenalan wajah sebagai sarana otentikasi memastikan bahwa hanya pemilik akun yang sah yang dapat mengakses informasi dan melakukan transaksi, sehingga dapat memberikan lapisan keamanan yang lebih kuat.

Baca juga: RPA Merampingkan Tugas Administratif Rumit Perbankan

2. Adanya Kemudahan Akses

Salah satu kelebihan terbesar dari verifikasi biometrik adalah kemudahannya. Nabasah tidak perlu mengingat password atau mengkhawatirkan kehilangan token fisik.

Dengan satu sentuhan atau tatapan, mereka dapat mengakses layanan perbankan mereka, membuat proses ini tidak hanya lebih aman tetapi juga lebih cepat dan lebih nyaman.

3. Meningkatkan Kecepatan Transaksi

Meningkatkan kecepatan transaksi

Dalam perbankan digital, kecepatan adalah segalanya. Verifikasi biometrik memungkinkan transaksi dilakukan dengan segera, tanpa perlu verifikasi manual yang memakan waktu.

Di ATM atau saat menggunakan mobile banking, proses verifikasi yang cepat ini meningkatkan efisiensi dan meminimalkan waktu tunggu, memenuhi harapan pelanggan modern untuk layanan yang cepat.

Misalnya, ketika membuka akun mobile banking, Anda tidak perlu bersusah payah memasukkan sandi. Cukup dengan sidik jari yang terintegrasi dengan telepon.

Baca juga: Cara Mendeteksi Fraud dengan Teknologi

4. Mengurangi Biaya Operasional

Biaya operasional bisa dikurangi dengan mengurangi kebutuhan akan dukungan keamanan manual dan mengotomatisasi proses verifikasi.

Ini tidak hanya menghemat biaya tetapi juga memungkinkan alokasi sumber daya ke area lain yang membutuhkan interaksi manusia lebih intensif, seperti layanan pelanggan.

5. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

meningkatkan customer experience

Verifikasi biometrik menawarkan pengalaman yang mulus dan personal. Dengan proses yang lebih cepat dan pengalaman yang lebih aman, kepuasan pelanggan akan lebih meningkat.

Sehingga, ketika kepuasan pelanggan meningkat, maka loyalitas  pelanggan juga akan ikut meningkat ketika mereka merasa dihargai dan dilindungi oleh bank mereka.

Studi oleh Harvard Business Review menunjukkan bahwa meningkatkan kepuasan pelanggan sebesar 5% dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan hingga 25%-95%. Kepuasan yang lebih tinggi sering kali berhubungan langsung dengan peningkatan kesetiaan pelanggan, yang memengaruhi pembelian berulang dan pengurangan biaya pemasaran.

6. Kepatuhan Regulasi

Regulasi di sektor keuangan terus berkembang untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan data. Verifikasi biometrik membantu bank mematuhi regulasi ini dengan lebih efektif, memastikan bahwa mereka selalu satu langkah di depan dalam hal kepatuhan.

7. Menigkatkan Trust dan Kredibilitas

Bank yang mengadopsi verifikasi biometrik sering kali dilihat sebagai lebih aman dan terpercaya. Dalam industri di mana kepercayaan adalah segalanya, membangun reputasi sebagai bank yang menggunakan teknologi canggih untuk melindungi pelanggan dapat membedakan Anda dari pesaing.

Menurut Edelman Trust Barometer, 81% konsumen menyatakan bahwa kepercayaan adalah faktor penentu dalam keputusan pembelian mereka. Kepercayaan yang tinggi tidak hanya meningkatkan kemungkinan pembelian ulang tapi juga mendorong rekomendasi dari mulut ke mulut yang positif.

8. Integrasi dengan Sistem Lain

Teknologi biometrik dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem keamanan dan IT yang ada, meningkatkan kemampuan mereka tanpa memerlukan penggantian infrastruktur yang mahal. Ini memungkinkan implementasi yang mulus dan meningkatkan ROI secara keseluruhan.

Baca juga: Otomatisasi Laporan Keuangan Perbankan untuk Tingkatkan Efisiensi

9. Menyempurnakan Proses Analitik dan Data

proses analisis data

Data yang dikumpulkan melalui sistem biometrik dapat digunakan untuk analitik lanjutan, memberikan insight berharga tentang perilaku pelanggan. Ini memungkinkan bank untuk menyesuaikan produk dan layanan mereka secara lebih efektif, meningkatkan personalisasi dan kepuasan pelanggan.

10. Kesiapan Menghadapi Tantangan Masa Depan

Dengan adopsi teknologi biometrik, bank menempatkan diri mereka di garis depan inovasi. Seiring berkembangnya teknologi, bank yang sudah memiliki infrastruktur biometrik akan lebih mudah mengadopsi peningkatan dan inovasi baru.

Kesimpulan

Verifikasi biometrik adalah lebih dari sekedar alat keamanan; ini adalah investasi strategis yang memperkuat setiap aspek operasional bank, dari keamanan hingga kepuasan pelanggan. Di era digital ini, memanfaatkan kekuatan verifikasi biometrik tidak hanya mempersiapkan bank Anda untuk hari ini tetapi juga untuk masa depan yang lebih aman dan efisien.

Ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana teknologi biometrik dapat mengubah cara bank Anda beroperasi? Hubungi kami hari ini untuk konsultasi secara gratis!

Yuk, cari tahu bagaimana IDStar dapat membantu bisnis Anda.

Hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda, sekarang juga!

contact us
Rate this post

Share

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services