Mengenal Java Spring Boot serta Tugas dan Gajinya

java spring developer adalah

IDStar, IT Consulting Jakarta – Saat akan memulai karir sebagai IT Developer, melamar pekerjaan tanpa pengalaman mungkin tampak sangat menantang sekaligus menakutkan. Adakalanya, fresh graduate berasumsi bahwa kandidat jobseeker membutuhkan pengalaman untuk mendapatkan pekerjaan akibat maraknya iklan lowongan kerja entry level (pemula) yang mengharapkan “pengalaman kerja minimal 1 tahun”. Dalam situasi ini, menyebabkan tekanan mental bagi lulusan baru (fresh graduate).

Wajar jika fresh graduate merasa tidak memiliki banyak pencapaian untuk dibicarakan dalam CV (curriculum vitae) atau resume. Namun, jangan overthinking dulu. Setidaknya, pertimbangkan cara-cara untuk mengkomunikasikan “Value Anda” kepada calon pemberi kerja. Misalnya, pamerkan minat dan keterampilan ke dalam dummy project yang disimpan pada Github Repository dan bekali pengetahuan tentang (visi, misi, produk, layanan dan kompetitor) perusahaan yang dilamar agar kandidat lebih siap saat proses interview. Khususnya, pelajari cara mempersiapkan diri jadi programmer java spring boot fresh graduate.

IT Developer junior, terutama kandidat yang baru lulus kuliah dengan sedikit pengalaman, tidak diharapkan untuk tahu banyak. Setidaknya, tunjukkan minat dan keakraban dengan konstruksi programming language. Pada situasi ini, pengetahuan dasar tentang java spring boot. Diantaranya, struktur data seperti array dan linked lists, sintaks dan framework bahasa pemrograman Java, serta recursion dan algoritma seperti sorting atau searching algorithms

Apa Itu Java Spring Boot?

apa itu java spring developer

Java Spring Boot adalah alat yang merupakan bagian dari Spring Framework, untuk membantu java developer membuat aplikasi segera berjalan dengan menyederhanakan proses pembuatan dan mengaktifkan konvensi atas konfigurasi, yang berarti IT Developer tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengkonfigurasi setiap aspek aplikasi. Sejalan dengan ini, java developer dapat berfokus pada pengembangan fitur.

Seperti yang sudah dijelaskan, alat java spring boot membuat pengembangan web application dan microservices dengan Spring Framework lebih cepat dan lebih mudah.

Spring Boot, sebagai bagian dari Java Spring Framework, memfasilitasi pengembangan aplikasi web dan layanan mikro dengan mempercepat dan menyederhanakan proses melalui tiga fitur utama:

  1. Konfigurasi yang dilakukan secara otomatis
  2. Pendekatan tegas dalam hal konfigurasi
  3. Kemampuan untuk menghasilkan aplikasi yang dapat beroperasi secara independen

Kombinasi fitur-fitur ini menghasilkan sebuah alat yang memudahkan pengaturan aplikasi berbasis Spring, meminimalkan kebutuhan akan konfigurasi dan pengaturan yang ekstensif.

Lanskap teknologi bisa membuat kewalahan java developer fresh graduate. Ada begitu banyak yang harus dipelajari, begitu banyak istilah baru, dan begitu banyak frameworks dan libraries berbeda yang bermunculan setiap hari. Alhasil, sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Dalam pandangan, luasnya peluang karir IT Developer fresh graduate, disarankan untuk mengembangkan skill java spring boot. Sebagai tambahan, menguasai keterampilan open-source framework gratis yang memudahkan dalam memulai proyek baru dan dijalankan dengan Java atau bahasa JVM apa pun.

Kamu sedang Mencari Lowongan Java Spring Boot? Upload Segera CV Kamu Melalui Karier Page Kami atau Hubungi Kami Melalui Contact Us!

Alasan Java Spring Boot Developer Paling Diminati Perusahaan

Java Spring Boot memberikan perhatian mendetail pada kebutuhan Perusahaan modern dan memungkinkan implementasi fungsi yang benar-benar dibutuhkan Perusahaan. Karena alasan tersebut, Java Spring Boot Developer merupakan peran yang sangat diminati oleh berbagai jenis industri.

Demikian juga, perusahaan yang hire java developer untuk kebutuhan proyek enterprise software development akan mendapatkan fungsi dan fitur terbaru pada aplikasi saat mengembangkan aplikasi bisnis dengan Java Spring Boot. Yang terpenting, Spring Boot berbasis pada Java, sehingga mewarisi semua kelebihan bahasa pemrograman Java. Sejalan dengan itu, menggunakan Java Spring Boot berarti perusahaan menggunakan platform yang matang dan mapan dengan mengikuti standar dan didukung oleh banyak proyek lainnya.

Selain berbasis Java, Spring Boot dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan ekosistem perusahaan. Secara bersamaan, menyediakan dukungan bawaan untuk hal-hal seperti CORBA dan RMI, yang berguna saat membangun enterprise software application yang harus bekerja dengan layanan dan aplikasi lain. Demikian pula, bahasa pemrograman Java juga memiliki banyak dukungan pihak ketiga yang tersedia. Misalnya, Java Developer dapat mengakses external libraries dan alat lainnya melalui JAR files dan Maven repositories.

Seperti yang sudah dijelaskan, nama besar, kecepatan serta kaya akan fitur telah menjadikan Java sebagai bahasa pemrograman yang banyak diandalkan oleh perusahaan dalam proyek pengembangan aplikasi web dan microservices. Alhasil, kebutuhan Java Developer dengan skill spring boot akan semakin banyak sehingga peluang kerja java developer spring boot menjadi sangat luas disebabkan permintaan yang tinggi.

Aspek Penting Java Spring Boot

aspek penting java spring developer, manfaat java spring developer

Ada beberapa aspek penting mengapa java spring boot sangat dibutuhkan. Berikut adalah uraian manfaatnya:

  1. Konvensi atas Konfigurasi: Spring Boot mengurangi kebutuhan konfigurasi yang kompleks yang biasa diperlukan dalam aplikasi Spring tradisional. Ia menggunakan pendekatan “konvensi atas konfigurasi” untuk mengatur banyak aspek aplikasi secara otomatis.
  2. Pembangunan Aplikasi Standalone: Dengan Spring Boot, Anda bisa membuat aplikasi yang dapat berdiri sendiri, yang berarti mereka bisa dijalankan secara independen tanpa perlu server aplikasi eksternal atau wadah servlet.
  3. Pengelolaan Ketergantungan: Spring Boot menyederhanakan manajemen ketergantungan dengan menggunakan ‘starter’ yang merupakan kumpulan ketergantungan yang disesuaikan untuk berbagai jenis pengembangan aplikasi (seperti web, JPA, testing, dsb).
  4. Integrasi dengan Microservices: Framework ini sangat sesuai untuk pembangunan arsitektur mikroservis, memungkinkan aplikasi menjadi lebih modular dan mudah untuk dikelola.
  5. Pemantauan dan Manajemen: Spring Boot menyediakan fitur untuk memantau dan mengelola aplikasi, termasuk endpoint kesehatan, metrik, dan manajemen konfigurasi.
  6. Auto-Configuration: Spring Boot secara otomatis mengkonfigurasi aplikasi berdasarkan ketergantungan yang ditambahkan ke proyek. Ini memudahkan pengaturan dan penyesuaian aplikasi.
  7. Keamanan: Framework ini juga menyertakan dukungan keamanan yang komprehensif, memastikan bahwa aplikasi tidak hanya efisien tetapi juga aman.

Secara keseluruhan, Spring Boot dirancang untuk mempercepat dan menyederhanakan proses pengembangan aplikasi Java, membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan pengembang.

Gaji Java Spring Boot Developer

Gaji java spring boot developer di Indonesia rata-rata IDR 11.600.000,- per bulan. Seperti yang tertera di job search on google, secara umum iklan lowongan kerja mencari kandidat senior level dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun untuk peran sebagai full stack developer. Berbeda dari kandidat java developer middle level career yang menguasai skill spring boot ditawarkan gaji rata-rata IDR 7.200.000,- per bulan dengan syarat pengalaman kerja 2 tahun dan paling dibutuhkan untuk mengisi peran backend developer.

Sedangkan java developer fresh graduate yang secara khusus menguasai spring boot framework ditawarkan gaji awal IDR 4.000.000,- per bulan. Hal yang perlu diingat, gaji java spring boot developer dapat berbeda-beda (lebih tinggi atau lebih rendah) karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, misalnya ukuran perusahaan dan UMP (upah minimum provinsi).

Standar upah minimum provinsi (UMP) di mana lokasi perusahaan beroperasi merupakan aspek yang mempengaruhi gaji IT Developer secara umum. Demikian pula, nominal gaji front end developer yang salah satu faktornya dipengaruhi oleh lokasi perusahaan.

Dalam situasi seperti itu, IT Talent khususnya java developer dengan keterampilan spring boot dapat berpenghasilan lebih tinggi dengan beberapa cara. Seperti dikutip dari techgig.com, cara yang paling tepat adalah dengan menjadi team leader dan menambah skill bahasa pemrograman lainnya.

Cari Tempat Kerja sekaligus Tempat Berkembang?

Yuk, cari lowongan IT sesuai dengan minat dan bakatmu dan jadilah bagian dari Star Talent bersama IDstar!

pexels-photo-3182812-1024x683_11zon

Share

IDStar Insights

Related Insights

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services