Persiapan Jadi Programmer Java Spring Boot Fresh Graduate

Panduan Karir Programmer Fresh Graduate
Java Spring Boot adalah salah satu framework paling populer yang dipilih oleh banyak organisasi dan bisnis dalam mengembangkan aplikasi web dan microservice app berkualitas tinggi. Umumnya, dengan menguasai keterampilan dasar framework java spring boot IT Talent dapat dengan mudah mendapatkan peran (peluang kerja) di berbagai perusahaan dengan semua tipe industri.

Jadi, jika Anda berencana mengejar karir sebagai seorang Programmer, menguasai skill java spring boot merupakan salah satu pilihan terbaik. Dikarenakan, peluang kerja yang luas serta masa depan karir dengan gaji yang sangat menarik (rata-rata gaji java developer fresh graduate 20%-30% diatas UMR).

Untuk menjadi Programmer Fresh Graduate, IT Talent harus memiliki pengetahuan tentang dasar-dasar java, sintaks dan konstruksi bahasa pemrograman java, struktur data seperti array dan linked lists, recursion dan algoritma seperti sorting atau searching algorithms.

Di sisi lain, agar rasa percaya diri IT Talent semakin kuat dalam melamar kerja sebagai programmer fresh graduate (tanpa pengalaman kerja) tentunya dengan meningkatkan kemampuan dan skill. Sama pentingnya, dengan memaksimalkan CV (curriculum vitae), Profil LinkedIn dan Github Repository yang akan dijelaskan secara rinci pada paragraf selanjutnya!

Skill Programmer Java Spring Boot Fresh Graduate

Menguasai dasar-dasar bahasa pemrograman java dan lulusan S1 bidang ilmu komputer, sistem informasi, teknik informatika atau jurusan serupa memungkinkan apply kerja sebagai java programmer fresh graduate. Setidaknya, itulah syarat utama yang dicantumkan oleh perusahaan startup hingga big company pada bursa kerja yang beberapa contohnya kami rangkum dalam artikel peluang karir fresh graduate skill java spring boot.

Walaupun perusahaan yang merekrut programmer java spring boot fresh graduate tidak memiliki ekspektasi tinggi pada pengalaman kandidat. Adakalanya, kandidat yang menguasai 5 keterampilan seperti logical problem solving, object oriented programming, struktur data, database dan operating system akan menarik perhatian recruiter dan berpotensi direkrut menjadi karyawan.

Github Repository Sebagai Portofolio Programmer Fresh Graduate

Bagi programmer java fresh graduate, mencari pekerjaan merupakan tantangan besar bahkan jika dibantu oleh perusahaan partner dari universitas. Lantaran, kandidat fresh graduate merasa minder melamar pekerjaan karena anggapan bahwa pemberi kerja melihat programmer ini dengan sebelah mata (tidak dianggap).

Faktanya, dengan memanfaatkan Github Repository sebagai portofolio kandidat dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang dikuasai. Terlebih, Github adalah situs hosting coding tempat programmer dapat menyimpan project software development dan membaginya dengan orang lain.

Poin penting lainnya, yang menyenangkan tentang Github dimana seorang java programmer fresh graduate dapat membuat repository apapun dan menautkannya di halaman profil meskipun karya tersebut hanya berupa dummy project untuk kebutuhan latihan.

Mengoptimalkan Profil LinkedIn dan CV Yang Menarik

Optimasi profil LinkedIn merupakan aktivitas di mana setiap bagian dari profil pribadi Anda diisi dan menunjukkan kepada audiens (HRD, Recruiter, Hiring Manager) apa yang kandidat lakukan, siapa Anda, dan keahlian Anda. Ini membantu peringkat profil Anda lebih tinggi dalam pencarian LinkedIn dan membangun kepercayaan di antara mereka yang mungkin ingin terhubung atau mengikuti Anda.

Untuk memperjelas, penting bagi kandidat job seeker dalam memahami sepenuhnya mengapa harus peduli untuk memiliki profil LinkedIn yang dioptimasi.

Membantu perekrut memahami bahwa kandidat mungkin open to work (tertarik menjadi employee), mengetahui siapa kandidat dan keahliannya. Ini dapat mendorong mereka untuk menghubungi programmer fresh graduate secara langsung untuk mendapatkan kesempatan kerja. Sejalan dengan ini, meningkatkan personal branding kandidat sebagai programmer dengan kemampuan dan keterampilan yang menonjol.

Selain LinkedIn, untuk apply kerja programmer fresh graduate juga wajib membuat CV yang menarik perhatian HRD atau recruiter, dong..! Apa saja elemen yang dibutuhkan untuk membuat CV yang menarik? Cari tahu dengan membaca pointers di bawah ini!

Data Yang Wajib Ada di CV:

  • Mencantumkan data diri (nama lengkap, tanggal lahir, dll.)
  • Riwayat pendidikan (almamater dan gelar)
  • Pengalaman kerja (jika ada) berupa posisi, job description, perusahaan, pengalaman organisasi, dan pengalaman magang.
  • Skill yang dimiliki (Java Spring Boot, SQL, dll.)

Cara Membuat CV Yang Baik:

  • Penulisan deskripsi harus singkat, padat, dan jelas. Jangan di lebih-lebihkan.
  • Menggunakan kata-kata yang powerful dan menarik perhatian. Dibanding “pekerja keras” akan lebih menarik jika job seeker menggunakan kata “fast-learner”.
  • Pastikan CV bebas dari typo dan grammar, selain itu sebaiknya memakai font yang professional seperti Times New Roman dan Arial.
  • Menulis nomor telepon atau alamat email yang aktif.
  • Masukkan keyword yang relevan untuk posisi yang dilamar. Misalnya untuk Java Developer bisa mencantumkan keyword seperti Java, SQL, Java Spring Boot, dll.

Skill sudah punya, akun Github sudah dibuat, profil LinkedIn dan CV juga sudah dioptimalkan. Kemudian pertanyaannya, peran (role) apa yang cocok bagi fresh graduate dengan skill java spring boot? Jawabannya, Banyak! Mulai web developer, android developer, front end developer, RPA developer, ETL Developer dan berbagai jenis peran yang relevan dengan skill java programming.

Selanjutnya, explore IDStar’s Careers Page untuk mendapatkan insights tentang Role (Peran) yang paling cocok bagi IT Talent yang menguasai skill bahasa pemrograman java khususnya java spring boot.

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on twitter