Peluang Karir IT Developer Fresh Graduate Skill Java Spring Boot

peluang karir java developer fresh graduateResesi 2023 yang diprediksi oleh ahli ekonomi bakal terjadi secara global mulai dirasakan beberapa pihak termasuk pekerja (employee). Seperti yang bisa dilihat, PHK Startup mulai terjadi bahkan big company yang dianggap lebih tahan terhadap resesi ekonomi juga ikut merumahkan karyawannya.

Sepanjang tahun 2022 ini puluhan perusahaan tercatat telah melakukan PHK Massal secara global. Bahkan ada technology company raksasa yang telah merumahkan karyawan berkali-kali hingga mencapai total 3.000 karyawan, seperti dikutip dari CNBC Indonesia. Sementara itu, netizen Indonesia dibuat geger dengan berita PHK Startup 2022 yang terjadi pada pemimpin industri ecommerce yang menggunakan logo keranjang orange.

Menjamurnya tren PHK karyawan oleh perusahaan teknologi di tahun 2022, sebagai akibatnya mengancam peluang karir IT Developer Fresh Graduate dikarenakan junior programmer ini akan bersaing dengan lebih banyak IT Developer middle dan senior level career di bursa lowongan kerja.

Namun berbeda dengan Junior Java Developer. Setidaknya, kami mencatat di Indonesia ada 10 lowongan kerja IT Developer dengan skill java spring boot pada November 2022 dan tersedia 5.500 lowongan kerja java spring boot developer dengan penawaran bekerja secara Remote Working hingga Onsite sepeti dikutip dari Indeed.

Dalam hal ini, Startup company hingga big company mencari kandidat IT Developer Fresh Graduate tanpa pengalaman kerja namun diharapkan cerdas menemukan solusi dari masalah, tekad untuk belajar, serta memahami dasar-dasar bahasa pemrograman seperti looping, conditional. Termasuk konsep Object Oriented Programming, Sebagai contoh, apa yang dimaksud dengan static, dan access modifier.

Untuk memperjelas, berikut list lowongan kerja IT Developer skill java spring boot 2022:

5 Lowongan Skill Java Spring Boot Di Startup Company 2022

1. PT. IDstar Cipta Teknologi

PT IDstar Cipta Teknologi, lebih dikenal sebagai IDStar adalah IT Consulting dan IT Outsourcing Company yang menyediakan solusi untuk berbagai jenis masalah IT di berbagai jenis industri, mulai dari penyediaan IT Talent hingga software yang mendukung otomatisasi proses bisnis seperti Robotic Process Automation dan Workflow Automation. Untuk satu hal, IDStar menyediakan IT Talent dan juga scrum team untuk membantu klien dalam berkompetisi di era digital transformation. Sampai sekarang, IDStar telah bekerja sama dengan puluhan big company diantaranya BCA, Bank Mega, XL Axiata dan Prudential.

Seperti yang sudah dibahas diatas, memiliki skill Java Spring Boot merupakan salah satu kriteria untuk memulai karir java developer di IDStar. Selanjutnya, apa saja kriteria lain yang harus dipenuhi agar curriculum vitae kandidat dilirik oleh recruiter IDStar? Untuk mendapatkan pekerjaan sebagai java developer entry level career di IDStar, kandidat harus lulusan setidaknya S1 di bidang teknik informatika, ilmu komputer, sistem informasi atau jurusan serupa. Selain itu, kandidat IT Talent juga wajib memiliki pengetahuan dasar basic operating system (seperti Unix, Windows), pengetahuan tentang SQL dasar dan konsep database, serta mengerti tentang Enterprise Database System (Oracle).

2. PT. Dans Multi Pro

PT. Dans Multi Pro adalah perusahaan IT yang memfokuskan diri dengan menyediakan IT Service Solution di banyak sektor industri. IT Service Solution yang ditawarkan oleh PT Dans Multi Pro memiliki tujuan untuk membantu client company dalam menganalisis implikasi bisnis, biaya, dan peraturan saat ini untuk merancang technology roadmap yang akan digunakan. Memiliki working environment yang nyaman dan menantang, membantu karyawan PT. Dans Multi Pro bisa terus berinovasi untuk mendukung kebutuhan pelanggan. Dalam hal itu, PT Dans Multi Pro membutuhkan junior java spring boot developer dengan peran sebagai Back End Developer.

3. OGYA

OGYA adalah IT Solution Service Company di Indonesia, dan dikenal sebagai nama yang merepresentasikan inovasi. OGYA terus berinovasi dan memberikan IT solution mulai dari Custom Application, Software Design, Development, dsb. OGYA berpartner dengan Microfocus, Red Hat, dan Seeburger dalam berkembang di market yang kompetitif ini. OGYA menawarkan lowongan Java Programmer.

4. PT. Kreatifitas Sinergisme Teknoindo

PT. Kreatifitas Sinergisme Teknoindo atau dikenal juga sebagai KST, adalah startup IT company yang dibangun pada tahun 2017. Sekarang, KST merupakan IT Service Provider yang memiliki reputasi bagus. KST terus berkembang dan berkomitmen pada klien dengan menyediakan produk dan layanan yang berkualitas. Dengan skill Java Spring Boot, job seeker bisa apply menjadi Application Developer di KST.

5. PT. Javan Cipta Solusi

PT. Javan Cipta Solusi adalah IT Service Solution company yang menyediakan layanan Business Process Optimization, web development services dan mobile app development, melatih IT Team, dan masih banyak lagi. Sebagian besar partner yang berlabel big company diantaranya XL, PLN, dan Kominfo. Kandidat IT Talent yang memiliki skill java spring boot bisa apply kerja di Javan untuk menjadi junior java developer.

5 Lowongan Skill Java Spring Boot Di Big Company 2022

1. Panin Dai-ichi Life

Panin Dai-ichi Life adalah anak perusahaan dari Panin Group yang bergerak di industri asuransi. Panin Dai-ichi Life berfokus pada penjualan asuransi jiwa, kesehatan, investasi dan Syariah. Panin Dai-ichi Life sudah melayani penduduk Indonesia selama lebih dari 40 tahun, berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kendatipun, Panin Dai-ichi Life merupakan perusahaan asuransi namun membuka lowongan kerja untuk role Back End Developer. Untuk melamar kerja menjadi back-end developer di Panin Dai-ichi Life, job seeker perlu mempunyai gelar S1 di bidang Computer Science/Information Technology, atau bidang serupa. Demikian juga, kandidat IT Talent harus menguasai dasar-dasar Delphi, .Net, C#, Microsoft SQL Server, dan harus bisa menggunakan Java Spring Boot API.

2. PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk

PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk, pada umumnya lebih dikenal sebagai Bank Mandiri, merupakan bagian dari restrukturisasi bank yang dijalankan oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Hingga kini, Bank Mandiri telah beroperasi selama lebih dari 140 tahun dan berkontribusi besar dalam dunia perbankan dan ekonomi Indonesia. Bagi kandidat IT Talent yang menguasai skill java spring boot. Pada kesempatan ini, dapat mencoba untuk apply kerja di Bank Mandiri dengan peran sebagai Back End developer.

3. Accenture

Accenture adalah perusahaan professional service dengan layanan Strategy & Consulting Service, Interactive Service, dan juga Technology & Operations Service. Accenture sudah melayani lebih dari 9,000 klien dari 120 company, dan memiliki lebih dari 200 cabang di 29 negara. Saat ini, Accenture cabang Indonesia sedang mencari IT Talent untuk posisi Application Development Analyst dengan tipe pekerjaan onsite di Semarang. Secara terperinci, salah satu kriteria yang wajib dituliskan dalam curriculum vitae untuk melamar pada lowongan kerja tersebut yaitu memiliki skill Java Spring Boot.

4. DBS Bank

DBS Bank adalah Bank asal Singapura yang sudah melakukan market expansion ke banyak negara, terutama Asia seperti Indonesia, Hongkong, Malaysia, United Kingdom, dan United Arab Emirates. Department perusahaan yang membantu DBS dalam bidang teknologi dan operasi bisnis sedang membuka lowongan Full Stack Developer dengan status entry level career. Secara khusus, salah satu syarat yang harus dipenuhi kandidat dalam apply kerja adalah menguasai skill Java Spring Boot.

5. Gojek

Gojek adalah perusahaan yang pendirinya merupakan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) era Kabinet Indonesia Maju. Gejek dengan visi Inovasi tanpa henti dalam menawarkan teknologi paling up to date untuk mempermudah hidup konsumennya. Bagi para IT Developer Fresh Graduate yang memiliki skill java spring boot, bisa mencoba untuk apply kerja untuk peran Back End Software Engineer dengan posisi entry level career di Gojek.

Memulai Karir Junior Java Developer Tanpa Pengalaman

Persiapan memulai karir sebagai junior java developer tanpa pengalaman artinya perusahaan tidak memiliki ekspektasi tinggi pada pengalaman kandidat IT Talent, namun disarankan Anda selalu update tentang bahasa pemrograman dan tidak terbatas pada library dan framework.

Dari waktu ke waktu, berlatih dengan soal-soal Oracle Certified Professional Java SE Programmer atau SCJP (Sun Certified Java Programmer) akan meningkatkan pengetahuan IT Talent tentang bahasa program Java. Umumnya Junior Java Developer tidak wajib memiliki Portofolio asalkan mampu menyelesaikan soal logika serta implementasi skill dasar yang dikuasai, misalnya seperti java spring boot.

Terakhir, Junior Java Developer Tanpa Pengalaman yang menguasai skill selain java spring boot namun memahami tentang static dan access modifier yang termasuk sebagai konsep Object Oriented Programming dapat menemukan lowongan kerja di IDStar’s Careers Page dengan beragam pilihan peran (role) yang paling cocok dengan skill Anda sebagai IT Developer Fresh Graduate.

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on twitter