Prospek Karir Data Analyst Serta Gaji & Perannya

data analyst adalah

Industri di semua sektor semakin bergantung pada data untuk membuat keputusan bisnis penting seperti produk mana yang akan dibuat, market mana yang akan dimasuki, investasi apa yang harus dilakukan, atau pelanggan mana yang menjadi target.

Saat ini deskripsi pekerjaan data analyst bercabang menjadi berbagai spesialisasi seperti keuangan, perawatan kesehatan, marketing, dan e-commerce. Karena manfaat data analysis di hampir semua industri, saat ini ada lebih dari 80.000 lowongan pekerjaan tersedia untuk karir data analyst.

Apa Itu Data Analyst?

Data Analyst adalah IT Talent yang menyajikan insight bagi bisnis & organisasi dalam membuat keputusan terbaik berdasarkan analisis data menggunakan data analytics tools. Profesional ini memiliki pengetahuan dan keterampilan analisis dan pemecahan masalah berkaitan dengan data, jenis data, dan hubungan antar elemen data.

Seorang data analyst bertanggung jawab untuk mengatur data yang terkait dengan angka penjualan, riset pasar, logistik, linguistik, atau perilaku lainnya. Mereka menggunakan keahlian teknis untuk memastikan data akurat dan berkualitas tinggi.

Pada saat yang sama, data analyst juga mengawasi keseluruhan proses pengumpulan dan penyimpanan data, serta menetapkan pedoman untuk kualitas data. Seperti berikut ini:

  • Menggunakan alat statistik untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menafsirkan pola dan tren dalam kumpulan data kompleks yang dapat membantu diagnosis dan prediksi.
  • Menetapkan nilai numerik ke fungsi bisnis penting sehingga kinerja bisnis dapat dinilai dan dibandingkan selama periode waktu tertentu.
  • Menganalisis tren lokal, nasional, dan global yang berdampak pada organisasi dan industri.
  • Menyiapkan laporan untuk manajemen yang menyatakan tren, pola, dan prediksi menggunakan data yang relevan.

Bagaimana Data Analyst Membantu Bisnis/Industri?

Cara yang bagus untuk mengukur apa yang sebenarnya dilakukan seorang data analyst sehari-hari adalah dengan melihat tugas dan tanggung jawab yang biasanya tercantum dalam deskripsi pekerjaan data analyst. Seperti dikutip dari Indeed, inilah peran (role) data analyst dalam karirnya:

  • Mengembangkan dan mengimplementasikan database dan sistem pengumpulan data.
  • Bekerja sama dengan manajemen untuk mengidentifikasi metrik dan KPI penting, dan untuk memprioritaskan kebutuhan bisnis.
  • Mengumpulkan data dari sumber data primer dan/atau sekunder.
  • Filter dan bersihkan data.
  • Mengidentifikasi, menganalisis, dan menafsirkan tren dan pola dalam kumpulan data yang kompleks.
  • Visualisasikan dan presentasikan temuan kepada stakeholders.
  • Membuat dan memelihara dokumentasi mengenai model data, ukuran, dan infrastruktur saat dikembangkan.

Gaji Data Analyst Di Indonesia

gaji data analyst
Gaji Data Analyst level junior (pengalaman < 2 tahun) sekitar IDR 5.980.000,- per bulan seperti dikutip dari salaryexplorer, data analyst dengan pengalaman 2 hingga 5 tahun menghasilkan IDR 8.250.000,- per bulan, sementara senior data analyst (pengalaman > 5 tahun) rata-rata menerima gaji sebesar 11.700.000,- per bulan.

Data analyst telah menjadi salah satu pekerjaan dengan permintaan tertinggi di seluruh dunia, dan dicari oleh organisasi (perusahaan) besar di dunia. Sejalan dengan ini, gaji yang tertera diatas merupakan gambaran rata-rata gaji berdasarkan pengalaman kerja belum termasuk tunjangan dan bonus (benefit) yang disiapkan oleh perusahaan (employer) yang besaran nilainya berbeda-beda.

43% responden yang disurvei mengatakan jika mereka tidak menerima bonus di tahun pertama bekerja dengan role sebagai data analyst, sementara 57% responden mengatakan mereka menerima insentif/bonus minimal 1 kali dalam bentuk uang dengan besaran 2% hingga 7% dari gaji pokok.

Share

IDStar Insights

Related Insights

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services