Prospek Karir Golang Developer Serta Gaji & Perannya

prospek karier golang developer

IDstar, IT Consultant Jakarta – Golang (disebut juga Go) adalah bahasa pemrograman termuda yang banyak diminati, bahasa program Go dibuat untuk memenuhi kebutuhan programmer yang mengerjakan proyek open source projects pada sebagian besar produk Google dan banyak organisasi lain.

Seperti dikutip dari Wikipedia, Go dirancang di Google pada tahun 2007 untuk meningkatkan produktivitas pemrograman, menggabungkan efisiensi dari C++ dan Readability Python untuk menjawab tantangan di era multicore, large codebases dan networked machines yang sangat rumit.

Baru pada November 2009 bahasa program Go diumumkan ke publik dan menjadi proyek open source, Versi 1.0 muncul pada tahun 2012 dan sekarang Anda dapat menggunakan versi 1.13.

Apa Itu Golang Developer?

Golang Developer adalah IT Talent yang menggunakan Go Language untuk membangun web page dan produk software, dimana sebagian besar bisnis populer dengan bahasa pemrograman Go karena kecepatan dan kinerja adalah poin penting dari aplikasi bisnis. Untuk menarik dan mempertahankan pelanggan, software harus berkinerja terbaik.

Tugas umum Go Language Developer termasuk bekerja menggunakan banyak Tools yang tersedia untuk implementasi Go dan Framework Coding umum. Kadang IT Developer Golang juga ditugaskan melakukan testing dan debugging.

Sebagian besar lowongan untuk Golang Developer memerlukan berbagai keterampilan lain juga, yang paling umum adalah:

  • Pengalaman dengan scripting (Shell/PERL)
  • Pengalaman dalam desain aplikasi menggunakan design patterns
  • Javascript, SOAP, REST Webservices, atau Microservices
  • Pengalaman menggunakan Git
  • Pengetahuan tentang praktik DevOps

Golang adalah bahasa program yang mudah dipelajari dan dilengkapi dengan dokumentasi teknis yang mendetail. IT Developer yang beralih ke Go relatif mudah bagi mereka yang memiliki pengalaman bahasa pemrograman C.

Mengapa Perusahaan Hire Golang Developer?

Dibuat untuk proyek besar

Membuat proyek kecil dimungkinkan menggunakan bahasa perangkat lunak apa pun, tetapi Anda akan menemui kesulitan saat membuat proyek yang sangat kompleks. Mereka dapat memerlukan kerjasama ratusan programmer selama bertahun-tahun, yang harus mengerjakan jutaan baris Coding.

Hal ini menyebabkan waktu pembuatan yang lebih lama yang mengganggu pengembangan produk.

Risiko kesalahan juga meningkat karena bahasa Coding ditulis ulang berkali-kali dan gaya pemrograman peserta proyek bervariasi.

Banyak perusahaan menggunakan Golang karena proyek yang lebih rumit dapat diselesaikan lebih cepat dan pekerjaan lebih efisien.

Ini juga mengurangi risiko bug, dan penghapusannya lebih cepat dan efektif.

Maintenance yang mudah

Filosofi “satu masalah – satu solusi” berarti bahwa banyak aktivitas dapat dilakukan oleh mesin dan efek dari proses ini tidak akan berbeda secara jelas dari efek pemrogram.

Salah satu kelebihan yang terlihat oleh perusahaan yang menggunakan Golang adalah Golang Developer dapat menggunakan banyak Tools yang tersedia untuk maintenance Coding otomatis di Go.

Tools yang digunakan memungkinkan pemformatan dan pengimporan Coding, pencarian definisi dan aplikasi symbol serta simple refactoring.

Dirancang untuk prosesor multi-core

Bahasa software yang sedang populer saat ini seperti Java, JavaScript, Python, Ruby atau C dan C++ dirancang ketika prosesor multi-core belum banyak digunakan. Itu membuat bahasa program tersebut menjadi single-threaded program.

Golang, sebagai bahasa yang diciptakan di era prosesor modern, dengan mudah mendukung proses paralel (tentu saja, ada juga bahasa lain yang mendukung prosesor multi-core misalnya C#).

Bagaimana Peran Golang Developer Bagi Perusahaan?

Peran seorang Golang Developer saat bergabung di perusahaan yang sedang berkembang biasanya akan berkolaborasi dengan UI UX Designer untuk membuat produk digital yang menarik dan eye-catching untuk meningkatkan user experience basis pelanggan.

IT Developer Golang juga berkolaborasi dengan IT Talent lainnya untuk menyediakan dan maintenance implementasi software secara fully-functional. Go Language Developer juga diharapkan memiliki passion pada software engineering untuk menciptakan aplikasi pengguna yang sangat imersif, termasuk memelihara code repositories melalui GitHub dan internal server storage modules.

Responsibilities

Di bawah ini adalah beberapa tanggung jawab yang diharapkan untuk dilakukan oleh IT Developer Golang dalam perannya:

  • Menerapkan AWS containers untuk mendukung implementasi Go dan pemeliharaan repositori yang berhasil.
  • Manfaatkan Kubernetes untuk memastikan keberhasilan pengembangan, penerapan, dan penskalaan aplikasi.
  • Implementasikan Docker untuk aplikasi skala kecil yang membutuhkan penerapan yang lebih sederhana.
  • Gunakan struktur perintah Terminal Linux untuk memungkinkan pengoperasian back-end yang mudah bagi staf teknis yang kurang ahli.
  • Berkolaborasi dengan staf teknis lainnya untuk memastikan alur kerja DevOps yang konsisten dan lancar.
  • Pilih dan terapkan JavaScript libraries lainnya yang akan mengoptimalkan kinerja tanpa mengorbankan keamanan dan fungsionalitas dasar.
  • Kelola beberapa proyek dalam spesifikasi desain yang wajar dan batasan anggaran.

Job Qualifications and Skill Sets

Golang Developer memiliki setidaknya gelar sarjana di bidang ilmu komputer, IT atau bidang terkait, seperti pemrograman. Keterampilan penting lainnya untuk IT Developer Golang yang sukses meliputi:

  • Kemahiran yang terbukti dalam pemrograman Go.
  • Keterampilan komunikasi tertulis dan verbal yang sangat baik.
  • Perhatian terhadap detail.
  • Direkomendasikan memiliki pengetahuan dasar dalam Java atau Python.
  • Portofolio pekerjaan dengan contoh yang menunjukkan keterampilan teknis.
  • Keterampilan manajemen waktu dan organisasi.
  • Pengetahuan tentang Go templating, frameworks, and tools.

Gaji Golang Developer Indonesia

Berdasarkan data di Glassdoor, pembagian gaji minimum dan maksimum untuk Golang Developer di Indonesia. Gaji rata-rata pada Mei 2022 tampaknya antara IDR 5.000.000,- hingga IDR 17.823.000,- per bulan (belum termasuk pajak).

Gaji IT Developer Golang Posisi entry level dengan pengalaman 0-1 tahun mulai dari IDR 5.000.000,- per bulan, sementara sebagian besar pekerja berpengalaman 1-3 tahun menghasilkan hingga IDR 11.219.000,- per bulan.

Rentang gaji rata-rata Golang Developer sangat bervariasi hingga yang tertinggi dengan pengalaman 10-14 tahun mendapatkan gaji IDR 20.428.000.- per bulan, yang menunjukkan bahwa mungkin ada banyak peluang untuk kemajuan dan peningkatan gaji berdasarkan tingkat keahlian, lokasi, dan pengalaman bertahun-tahun.

Share

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services