Synnex Luncurkan Nexworld dari Transformasi Digital

Pandemi telah mengubah kehidupan manusia mulai dari kehidupan sehari-hari, sekolah sampai bekerja semuanya serba terbatas. Pandemi telah memaksa setiap orang untuk melakukan semua aktifitas secara virtual atau online. Tidak hanya pada kegiatan sehari-hari saja tapi dalam kegiatan atau aktivitas perusahaan pun ikut serta untuk melakukan perubahan. Oleh sebab itu, Transformasi Digital yang digunakan oleh Synnex untuk membuat Nexworld menjadi solusi bagi permasalahan tersebut dengan membantu meningkatkan produktivitas perusahaan di masa pandemi ini. 

Nexworld° meningkatkan pengalaman menghadiri kegiatan melalui platform virtual 360° dengan menjadi pusat tempat berkumpulnya principle, partner dealer, end-user, serta karyawan SMI melalui virtual. Meski virtual, Nexworld memiliki Lobby, Mini Stage, Conference Hall, serta stan produk-produk IT kelas dunia. Platform virtual 360 Nexworld akan dibuka nonstop selama 365 hari. Selain difungsikan sebagai meeting point, Nexworld° juga menyediakan seluruh informasi terkini mengenai promo eksklusif untuk partner dan end-user, aktifitas seperti webinar maupun talk show. Sehingga Nexworld° akan menjadi pusat informasi aktivitas digital SMI melalui virtual.

Pengertian Digital Transformation

Transformasi digital adalah proses dalam menggunakan teknologi digital untuk menciptakan hal baru atau memodifikasi proses bisnis, budaya, dan pengalaman pelanggan yang ada untuk memenuhi perubahan model bisnis dan kebutuhan pasar. Konsep baru bisnis di era digital ini juga akibat dari adanya transformasi digital.

Transofrmasi digital dapat mengubah organsiasi bisnis untuk melampaui peran bisnis konvensional seperti penjualan, pemasaran, dan layanan pelanggan. Sebaliknya, transformasi digital dimulai dan diakhiri dengan bagaimana cara Anda memikirkan, dan terlibat dengan pelanggan Anda. Saat Anda beralih dari bentuk kertas ke aplikasi pintar untuk mengelola bisnis, Anda memiliki kesempatan untuk menjalankan bisnis dan melibatkan pelanggan dengan menggunakan teknologi digital.

Meskipun transformasi digital sebagian besar digunakan dalam konteks bisnis, transformasi digital juga berdampak pada organisasi lain seperti institusi pemerintah, lembaga publik, dan organisasi yang terlibat dalam mengatasi tantangan sosial seperti polusi dan populasi dalam suatu daerah dengan memanfaatkan satu atau lebih dari teknologi yang sudah ada dan yang baru muncul.

Transformasi digital bukan hanya tentang teknologi dalam bentuk fisik saja. Ini tentang nilai, pengoptimalan, dan kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat saat diperlukan melalui penggunaan teknologi dan informasi yang cerdas.

Di beberapa negara, seperti Jepang, transformasi digital bahkan bertujuan untuk memengaruhi semua aspek kehidupan dengan inisiatif Society 5.0 yang diimplementasikan di negara tersebut (yang memiliki beberapa kesamaan dengan visi transformasi industri 4.0).

Apa itu Nexworld?

Nexworld° merupakan virtual mall menggunakan platform 3D yang ditujukan bagi seluruh stakeholder PT Synnex Metrodata Indonesia (SMI), mulai dari principal, partner dealer, end-user, termasuk karyawan SMI melalui virtual. Hal ini sejalan dengan filosofi Nexworld° yaitu kolaborasi, sinkronisasi, sinergi, saling terkait, kerja sama yang berkelanjutan dan bertemunya stakeholder SMI.

Apa saja yang Ada di dalam Nexworld?

Dengan virtual mall, kita bisa melihat seluruh produk di satu lokasi yang sama. Di dalamnya terdapat Lobby, Conference Hall, Mini Stage, dan stan berbagai produk IT kelas dunia. Di samping itu, Nexworld° juga menyediakan tempat untuk pelatihan, talk show, tournament e-sport, gathering, serta aktifitas virtual lainnya. Semua kegiatan ada dalam genggaman.

Untuk meningkatkan produktivitas, Nexworld° memberikan manfaat lebih bagi principle untuk memperkenalkan produknya dalam satu area dengan berbagai merk, sehingga dapat dilihat oleh lebih banyak orang. Dan bagi pelanggan, mereka bisa dengan lebih cermat dan mudah mencari solusi yang dibutuhkan sehingga dapat menghemat waktu dan biaya dalam mempelajari produk dan solusi yang diinginkan.

Jika kalian sudah masuk kedalam Nexworld, hal pertama yang harus kita kunjungi yaitu bagian resepsionis. Pada resepsionis ini, kita bisa memperoleh informasi seperti Events, Informasi Portofolio Produk / Brand yang ada di Nexworld, dan juga Promo exclusive yang ada di Nexworld. Kalau kamu ada pertanyaan, disini juga ada bagian live chat. Kemudian untuk library, berisi flyer maupun brosur. 

Selanjutnya ada retail and gaming hall, dimana mereka memiliki 7 brands yang bisa kita kunjungi dan kita lihat. Untuk gaming hall sendiri, mereka memiliki seluruh kebutuhan game yang ada di Indonesia semua tersedia pada bagian gaming hall ini. 

Tidak hanya itu, mereka juga memiliki 3 Stages yang memiliki fungsi berbeda. Pada bagian World Stage menjadi tempat hiburan yang bisa digunakan untuk menikmati musik, webinar, product update, ataupun events seru lainnya. Kemudian yang kedua terdapat Nex Stage yang berfungsi sama dengan World Stage namun stage ini berada di Enterprise Hall. 

Stage terakhir yaitu Conference Hall yang menjadi Main Hall nya Nexworld. Mereka akan menyediakan turnamen gaming (esport), podcast, maupun webinar-webinar besar. Selanjutnya untuk hidden gems atau yang mereka sebut dengan promotion corner tempat berkumpulnya promosi eksklusif dan menarik yang hanya tersedia di Nexworld. 

Kemudian di sebelah kanan main hall, terdapat Enterprise hall yang menyediakan 24 brand enterprise mulai dari cyber security, server storage sampai UPS. Untuk hall ini, promotion corner berada di tengah hall. 

Mempermudah Mobilitas

Nexworld° akan mempermudah mobilitas dalam memberikan informasi terkini seluruh produk yang dimiliki SMI dan bisa dilakukan terus-menerus tanpa harus bergerak. Perseroan pun akan memberikan hal-hal baru setiap harinya, sehingga pelanggan akan selalu mendapatkan informasi terbaru. Saat ini, SMI memiliki pusat distribusi yang tersebar di 20 wilayah strategis di seluruh wilayah Indonesia yang meliputi lebih dari 150 kota dan lebih dari 5.200 mitra kanal (channel partner).

Kehadirannya didukung dengan tenaga penjualan dan logistik, termasuk di dalamnya tim technical advisor dan professional engineers, yang mampu memberikan solusi bagi mitra bisnisnya. SMI juga memastikan dapat memberikan ragam layanan produk dan solusi dengan kualitas kelas dunia.

Transformasi Digital yang digunakan oleh Synnex untuk membuat Nexworld dikembangkan oleh PT Orbit Nasional Edukasi (ONE Indonesia) yang merupakan bagian dari IDStar Group juga turut membantu dalam mengembangkan Platform, seperti Virtual Booth sampai Experience End User yang bisa menikmati fitur 360 pada exhibition tersebut.

Share

IDStar Insights

Related Insights

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services