6 Trend Artificial Intelligence (AI) untuk Bisnis 2024

trend ai artificial intelligence 2024

IDstar, IT Consultant Indonesia – Perkembangan AI kini menjadi buah bibir yang tak lagi asing, ada banyak trend Artificial Intelligence yang terjadi belakangan ini dan akan menjadi trend berkelanjutan di masa yang akan datang.

AI sudah banyak mengubah kebiasaan manusia, utamanya di sektor  bisnis. Yang awalnya banyak proses bisnis yang dikerjakan manual dan penuh effort, sekarang bisa diotomasikan dengan bantuan AI.

PwC melaporkan bahwa AI berpotensi meningkatkan produk domestik bruto (PDB) global hingga 14% pada tahun 2030, yang setara dengan tambahan $15,7 triliun, dengan perusahaan yang mengadopsi AI memperoleh keuntungan dari peningkatan produktivitas dan konsumsi.

Artikel ini membahas tentang tujuh tren utama dalam otomatisasi dan kecerdasan buatan (AI) untuk tahun 2024 yang dilansir dari partner IT Kami UIpath.

Apa Saja Trend AI yang akan Berlangsung di Tahun 2024?

trend ai 2024

1. Integrasi AI untuk Strategi Bisnis

Sudah banyak perusahaan yang mengimplementasikan AI untuk menyusun strategi bisnis. Artificial Intelligence banyak digunakan untuk menganalisis pasar, memahami kebutuhan pelanggan melalui data yang ada, meningkatkan layanan pelanggan yang dipersonalisasikan, hingga menciptakan produk dan layanan inovatif.

AI membantu dalam membuat keputusan berbasis data yang lebih akurat, mengidentifikasi tren pasar, dan menyesuaikan strategi bisnis secara real-time untuk menanggapi perubahan kondisi pasar.

2. AI dalam penerapan otomasi yang fleksibel

Trend Artificial Intelligence yang paling banyak diadopsi adalah kemampuan AI untuk mengotomatisasi proses bisnis dengan fleksibel. Sebuah software yang dikenal dengan sebutan Robotic Process Automation (RPA) telah banyak membantu perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas output.

RPA adalah bot software yang dirancang khusus untuk mengotomatisasikan tugas-tugas rutin dan berulang dengan merekam cara kerja manusia lalu diimplementasikan ke software robot. Dengan ini, perusahaan bisa mengalokasikan karyawan ke hal yang lebih strategis dan menghemat biaya.

Baca juga: Automation Testing: Cara Kerja dan Manfaatnya untuk Bisnis

3. Transparansi perusahaan berkat AI

AI memungkinkan perusahaan untuk mengolah dan menganalisis data dalam jumlah besar dengan cara yang lebih efisien dan transparan, membantu dalam pengambilan keputusan berbasis data.

Berikut beberapa contoh bagaimana AI membuat proses bisnis menjadi lebih transparan dan bermanfaat:

  • Audit dan Kepatuhan: AI dapat membantu dalam memantau dan menganalisis transaksi untuk memastikan kepatuhan terhadap regulasi dan standar industri.
  • Analisis Sentimen dan Media Sosial: Perusahaan dapat menggunakan AI untuk menganalisis sentimen publik dan tren media sosial, memberikan wawasan transparan tentang persepsi merek.
  • Rantai Pasokan dan Logistik: AI membantu dalam membuat rantai pasokan lebih transparan, memungkinkan pelacakan produk secara real-time dari produsen ke konsumen.
  • Manajemen Risiko: AI dapat menganalisis data untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko dengan lebih baik, memungkinkan perusahaan membuat keputusan yang lebih tepat.

4. Perkuatan keamanan dengan AI

AI meningkatkan keamanan dengan menyediakan alat untuk deteksi ancaman yang lebih canggih dan respons yang lebih cepat. Misalnya, di sektor perbankan, AI digunakan untuk menganalisis pola transaksi mencurigakan secara real-time, yang membantu dalam deteksi dini kegiatan penipuan atau pencucian uang.

Di bidang keamanan siber misalnya, AI dapat mengidentifikasi dan merespons serangan siber dengan lebih cepat daripada metode lama, AI mengurangi waktu antara deteksi ancaman dan respons. Ini membantu dalam meminimalisir kerusakan dan melindungi data sensitif.

Baca juga: Transformasi Digital: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya, Lengkap

5. Redefinisi pekerjaan dan keterampilan

Ya, kehadiran teknologi AI telah merombak pekerjaan dan keterampilan manusia yang tradisional. Aritnya, semenjak kehadiran AI, pekerjaan berulang telah tergantikan dan manusia melakukan refokusing pada pekerjaan yang sifatnya analisis data, pemrograman, pengolahan teknologi, dan lainnya.

Sebagai contoh, di sektor perbankan, peran tradisional seperti petugas teller berkurang karena otomatisasi, tetapi ada permintaan yang meningkat untuk analis data yang dapat menafsirkan hasil AI untuk pengambilan keputusan strategis.

Artinya, AI tidak menggantikan kehadiran manusia, tetapi justru membantu manusia untuk pekerjaan yang sepele dan membuat kita bisa fokus pada hal strategis.

Dengan kehadiran AI, perusahaan membutuhkan tenaga kerja untuk menyesuaikan dan mengembangkan keterampilan baru yang relevan dengan teknologi AI dan digital.

6. Penggunaan model bahasa besar (LLMs) untuk asisten virtual

Yang paling menarik dengan trend AI 2024 kali ini adalah kehadiran GPT-4 sebagai model bahasa besar (LLMs). Penggunaan Model Bahasa Besar seperti GPT-4 telah mengubah cara asisten virtual berinteraksi.

Teknologi AI ini memungkinkan asisten virtual untuk memahami dan merespons pertanyaan dengan cara yang lebih mirip manusia, membuat interaksi lebih alami.

Sebagai contoh, asisten virtual dalam layanan pelanggan (chatbot) kini dapat menangani pertanyaan yang lebih kompleks, memberikan jawaban yang lebih personalisasi, dan bahkan mengenali nuansa dalam komunikasi seperti humor atau empati, yang sebelumnya sulit dilakukan oleh teknologi berbasis AI yang lebih sederhana.

Kesimpulan

Perkembangan teknologi seperti AI sudah tidak bisa terelakkan. Anda harus terus memantau bagaimana trend artificial intelligence dan perkembangannya. Justru, ketika kita menghindari perkembangan teknologi, justru bisnis kita yang akan menurun jika tidak mengikuti perkembangan.

Maka penting untuk segera mengimplementasikan AI untuk perkembangan bisnis. IDstar adalah salah satu perusahaan menyediakan software development services serta Robotic Process Automation untuk membantu proses transformasi bisnis.

Kami telah banyak membantu client dalam mentransformasikan bisnis mereka di berbagai industri, seperti perbankan, telekomunikasi, asuransi dan keuangan, otomotif, dan masih banyak lainnya.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk transformasi bisnis, silakan mulai berkonsultasi dengan Kami secara Gratis. Dan dapatkan solusi digital sesuai kebutuhan bisnis Anda.

Yuk, cari tahu bagaimana IDStar dapat membantu bisnis Anda.

Hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda, sekarang juga!

pexels-photo-3182812-1024x683_11zon

Share

IDStar Insights

Related Insights

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services