Menjadi Business Analyst, Tugasnya Ngapain aja?

Menjadi Business Analyst, Tugasnya Ngapain aja?

Menjadi Business Analyst, Tugasnya Ngapain aja?

 

Menurut wikipedia seorang analis bisnis adalah seseorang yang menganalisis sebuah organisasi, perusahaan maupun instansi secara (nyata atau hipotetis) dan mendesain proses dan sistem, menilai model bisnis menintegrasikannya dengan teknologi. Nah tugas seorang analist bisnis adalah memahami struktur, kebijakan, dan operasi dari suatu organisasi, dan untuk merekomendasikan solusi yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya.

Tujuan dari seorang analis bisnis adalah mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi agar manajemen dapat beroperasi dengan lebih efisien dan efektif, serta dapat mengembangkan bisnisnya. Analisa program, konsultasi manajemen dan analis bisnis juga termasuk pekerjaan seorang analis manajemen.

Jadi analis bisnis diminta untuk menganalisis, mengubah dan akhirnya menyelesaikan masalah bisnis dengan bantuan teknologi baik dalam penggunaan alat teknologi terbaru, aplikasi maupun teknologi lainnya.

 

Bidang Business Analyst

Nah dilihat dari bidangnya bisnis analis bisa dibedakan menurut tingkatan bidang antara lain sebagai berikut.

  • Perencanaan strategis adalah bisnis analis untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis organisasi
  • Analisis model bisnis adalah bisnis analis yang bekerja sesuai bidang untuk menentukan kebijakan organisasi dan pendekatan pasar
  • Proses desain adalah bisnis analis yang bekerja sesuai bidang kerjanya untuk membakukan alur kerja organisasi
  • Analisis sistem adalah bisnis analis yang bekerja untuk menginterpretasikan aturan bisnis dan persyaratan untuk sistem teknis (umumnya dalam IT)

 

Analis Bisnis adalah seseorang yang merupakan bagian dari operasi bisnis dan bekerja dan berkaitan dengan Teknologi Informasi untuk meningkatkan kualitas layanan yang disampaikan, kadang-kadang membantu dalam Integrasi dan Pengujian solusi baru di perusahaan, instansi maupun organisasi.

Analis Bisnis juga dapat mendukung pengembangan materi pelatihan, berpartisipasi dalam pelaksanaannya, dan memberikan dukungan pasca implementasi. Hal ini mungkin melibatkan pengembangan rencana proyek dan seringkali memerlukan keterampilan manajemen proyek.

Business analyst memiliki tanggung jawab memahami struktur, kebijakan, dan proses produksi suatu perusahaan maupun organisasi dan merekomendasikan solusi, cara, metode yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya dan memiliki jiwa problem solver.

Apakah kamu ingin menjadi seorang Business Analyst? IDStar sedang membuka kesempatan untuk kamu yang ingin menjadi Business Analyst. Yuk submit CV kamu disini

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on twitter