5 Cara Jadi Developer Tanpa Pengalaman? Ini Tips nya!

Jadi Developer tanpa Pengalaman

5 Cara Jadi Developer Tanpa Pengalaman? Ini Tips nya!

Bekerja sebagai developer memang membutuhkan pengalaman kerja. Namun, sebenarnya ada cara dan trik lain untuk menjadi mobile developer , java developer , ataupun software developer meski belum punya pengalaman kerja, lho. Lantas, apa saja yang dibutuhkan untuk berkarier jadi developer tanpa pengalaman?

Yuk simak bagaimana cara menjadi developer tanpa pengalaman

1. Mulai belajar coding

Berkembangnya teknologi membuat profesi sebagai developer semakin dibutuhkan. Itulah mengapa banyak orang yang penasaran dan mencari tahu cara menjadi developer.

Nah, jika kamu serius berkarier di bidang ini, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah belajar coding.

Buildfire menjelaskan bahwa belajar coding bisa dilakukan secara autodidak dengan memanfaatkan platform belajar coding yang banyak tersedia di internet. Misalnya, Treehouse atau Code Academy.

Kamu bisa mulai mempelajari bahasa pemrograman yang diperlukan untuk membuat sebuah program.

2. Latihan menulis kode

Mempelajari teori memang dapat meningkatkan pengetahuanmu. Namun, jika ingin menjadi developer yang andal, kamu harus mulai berlatih untuk menulis kode.

Tanpa praktik langsung tentu kamu tak akan tahu seperti apa cara menulis kode yang benar dan bisa diimplementasikan untuk membuat aplikasi.

Saat baru pertama kali menulis kode mungkin kamu akan merasa kesulitan dan takut membuat kesalahan.

Namun, kamu harus ingat bahwa tidak ada yang mudah saat baru pertama kali mencoba. Jadi kamu tak perlu khawatir melakukan kesalahan.

Dengan terus latihan kamu pasti akan terbiasa hingga akhirnya bisa menulis kode yang baik dan efektif untuk mengembangkan aplikasi.

3. Ikut bootcamp

Setelah memiliki pengetahuan dasar mengenai coding, kamu bisa mulai mencoba fokus untuk mulai belajar proses pengembangan aplikasi mobile.

Hal yang satu ini memang tidak mudah jika dipelajari sendiri. Karena itu, kamu bisa memanfaatkan bootcamp untuk mempelajarinya.

Dengan mengikuti bootcamp kamu akan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan insentif dari para mentor yang sudah berpengalaman.

Kalau kamu tertarik untuk mengikuti bootcamp, IDStar bekerjasama dengan ONE Indonesia untuk menyediakan Java bootcamp buat kamu. Yuk daftar disini

4. Bergabung komunitas

Ikut komunitas developer juga menjadi cara terbaik untuk meningkatkan skill dan memperbanyak networking.

Saat ini sudah ada banyak komunitas untuk para developer. Di sana kamu bisa berdiskusi dan saling berbagi ilmu mengenai dunia IT.

Selain itu, dengan ikut komunitas kamu juga bisa mendapatkan banyak teman baru yang memiliki tujuan yang sama. Jadi kamu akan lebih mudah termotivasi untuk terus belajar.

5. Ikut program magang

Mengikuti program magang juga menjadi salah satu cara paling efektif untuk menjadi seorang Android developer yang profesional.

Setelah kamu menguasai skill yang dibutuhkan, sebaiknya cari pengalaman terjun langsung ke dunia kerja dengan ikut program magang.

Magang juga menjadi kesempatan untuk mempraktikkan pengetahuan yang sudah kamu pelajari.

Jangan lupa tuliskan pengalamanmu saat magang di CV dan tunjukkan pencapaianmu di portofolio. Dengan CV dan portofolio yang menarik pasti kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan peluang kerja yang baru.

IDStar sedang membuka kesempatan loh untuk program magang

IDStar Internship 2021

Yuk segera kirimkan CV kamu ke [email protected] Kami tunggu ya!

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on twitter