Apa Itu Teknologi Automation? Jenis, Manfaat & Contohnya

apa itu teknologi automation

IDStar, IT Consulting Jakarta – Automation, salah satu istilah yang sering didengar di era saat ini. Perkembangan teknologi memungkinkan banyaknya proses bisnis yang bisa ditransformasikan melalui teknologi automation. Automation merupakan proses yang menggunakan teknologi untuk mengotomatisasi tugas-tugas rutin yang biasa dilakukan oleh manusia.

Perusahaan yang menerapkan penggunaan teknologi memiliki tujuan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis dan membantu pekerjaan manusia untuk menghasilkan output yang maksimal.

Ada banyak jenis-jenis teknologi automation yang sudah tak asing lagi kita jumpai, seperti penggunaan mesin cuci, microwave, dan lainnya. Teknologi automation tidak akan membahayakan keberadaan manusia, justru teknologi automation dapat membantu manusia untuk menghasilkan output yang lebih maksimal.

Pada artikel ini, kami akan membahas pengertian automation, seperti apa jenis-jenis automation, manfaat, dan contoh penerapannya di berbagai industri.

Apa Itu Automation?

Seperti yang sudah dijelaskan, automation merupakan proses mengotomatisasikan tugas-tugas rutin yang sering dilakukan manusia dalam pekerjaannya. Ada beberapa pengertian teknologi automation menurut para ahli:

  • Menurut Sutabri (2005), automation merupakan penggunaan peralatan yang dioperasikan secara otomatis untuk menghemat tenaga fisik dan mental manusia.
  • Dari James A. O’Brien (dalam buku Prof. Dr. Jogiyanto HM,MBA,Akt), automation bisa diartikan sistem informasi berbasis telekomunikasi yang mengumpulkan, memproses, menyimpan dan mendistribusikan pesan- pesan, dokumen-dokumen dan komunikasi elektronik lainnya diantara individual, grup-grup kerja dan organisasi.
  • Sedangkan, menurut Sedarmayanti (2017), automation adalah sebuah rencana untuk menggabungkan dan menerapkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan pekerjaan demi meningkatkan produktivitas pekerja dan efektivitas pekerjaan.

Menilik pengertian automation yang dipaparkan ahli di atas, dapat disederhanakan bahwa automation adalah penggunaan teknologi untuk menggantikan atau mengurangi peran manusia dalam melakukan suatu pekerjaan. Dengan automation, pekerjaan dapat dilakukan secara lebih efisien, efektif, dan akurat.

Jenis-jenis Automation

jenis-jenis teknologi automation
jenis-jenis teknologi automation

Saat ini, ada banyak jenis-jenis automation, semuanya tergantung untuk apa dan di mana automation tersebut di gunakan. Untuk memudahkan, berikut adalah jenis-jenis automation yang ada:

1. Robotic Process Automation

RPA (robotic process automation) merupakan jenis automation yang digunakan untuk mengotomasikan tugas-tugas manual yang berulang-ulang.

Teknologi ini biasanya melibatkan penggunaan sofrware untuk menjiplak tindakan manusia, seperti mengetik, mengklik, dan memindahkan data.

Salah satu contoh penerapan RPA yang digunakan adalah untuk mengautomasikan proses administrasi, seperti entri data dan pemrosesan faktur.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Fraud dalam Bisnis, Salah Satunya dengan RPA

2. Fixed Automation

Jenis automation berikutnya adalah Fixed automation adalah jenis automation yang paling sederhana. Dalam fixed automation, peralatan atau mesin dirancang untuk melakukan satu atau beberapa tugas yang sama secara berulang-ulang. Contoh penerapan fixed automation yang paling umum adalah mesin produksi yang ada di pabrik-pabrik.

3. Programmable Automation

Programmable automation merupakan jenis automation yang lebih fleksibel daripada fixed automation. Dalam programmable automation, peralatan atau mesin dapat diprogram untuk melakukan berbagai tugas yang berbeda. Contoh programmable automation adalah robot industri dan mesin CNC (Computer Numerical Control).

4. Flexible Automation

Berikutnya adalah flexible automation adalah jenis automation yang paling fleksibel. Dalam flexible automation, robot atau mesin dapat dengan mudah dikonfigurasi untuk melakukan berbagai tugas yang berbeda. Contoh flexible automation adalah sistem produksi lean manufacturing dan sistem manufaktur seluler.

8 Manfaat Teknologi Automation

Manfaat penerapan teknologi automation
Manfaat penerapan teknologi automation

Semakin hari perkembangan teknologi semakin pesat. Maka sudah pasti beberapa lini kehidupan harus mulai beradaptasi dengan kemunculan teknologi tersebut. Terkhusus automation, berikut beberapa manfaat jika kamu menerapkannya:

1. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi

Penggunaan automation dapat membantu bisnis untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dengan mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang dan memakan waktu.

Hal ini dapat menghemat waktu dan tenaga karyawan, sehingga karyawan dapat fokus pada tugas-tugas yang lebih penting dan bernilai tambah. Misalnya, fokus membentuk strategi, dan lainnya.

Contohnya sebuah perusahaan manufaktur dapat menggunakan robot untuk melakukan tugas-tugas seperti pengelasan, perakitan, dan pemindahan barang. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memproduksi produk.

2. Mengurangi biaya tenaga kerja

Manfaat selanjutnya adalah automation dapat membantu bisnis untuk mengurangi biaya tenaga kerja dengan menggantikan tenaga kerja manusia dengan mesin atau robot. Hal ini dapat menghemat biaya gaji, tunjangan, dan pelatihan.

Misalnya, sebuah perusahaan jasa dapat menggunakan chatbot untuk menjawab pertanyaan pelanggan. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan akan agen layanan pelanggan manusia, sehingga dapat menghemat biaya tenaga kerja.

3. Meningkatkan kualitas produk atau layanan

Automation dapat membantu bisnis untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan dengan mengurangi kesalahan manusia. Hal ini dapat menghasilkan produk dan layanan yang lebih konsisten dan memenuhi standar kualitas.

Misalnya, perusahaan farmasi dapat menggunakan mesin untuk mengemas obat-obatan. Hal ini dapat mengurangi risiko kesalahan manusia saat mengemas obat, sehingga dapat meningkatkan kualitas obat yang dihasilkan.

4. Mengurangi risiko human error

Automation bisa membantu bisnis untuk mengurangi risiko kesalahan manusia (human error) dengan mengotomatiskan tugas-tugas yang rentan terhadap kesalahan. Hal ini dapat meningkatkan akurasi dan konsistensi data dan informasi.

Contohnya pada perusahaan keuangan dapat menggunakan sistem untuk memverifikasi transaksi. Hal ini dapat mengurangi risiko kesalahan manusia saat memverifikasi transaksi, sehingga dapat meningkatkan akurasi data keuangan.

Ingin menerapkan teknologi automation pada bisnismu? Ketahui dulu kebutuhan bisnismu dengan berkonsultasi kepada kami Gratis! Klik link ini dan segera konsultasikan pada kami

5. Meningkatkan keselamatan kerja

Manfaat dari automation selanjutnya dapat membantu bisnis untuk meningkatkan keselamatan kerja dengan menggantikan manusia dengan mesin untuk pekerjaan yang berbahaya atau berisiko. Hal ini dapat melindungi karyawan dari cedera atau kematian.

Contoh pada perusahaan konstruksi dapat menggunakan robot untuk melakukan tugas-tugas seperti pengelasan dan pembongkaran. Hal ini dapat mengurangi risiko terjadinya cedera bagi pekerja konstruksi.

6. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Teknologi automation dapat membantu bisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberikan pengalaman pelanggan yang lebih konsisten dan efisien. Hal ini dapat membantu bisnis untuk mempertahankan dan menarik pelanggan baru.

Misalnya, perusahaan konsultan dapat menggunakan chatbot untuk menjawab pertanyaan calon kliennya. Hal ini dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih konsisten dan efisien, sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan

7. Meningkatkan inovasi

Automation dapat membantu bisnis untuk meningkatkan inovasi dengan membebaskan karyawan untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih kreatif dan strategis. Hal ini dapat membantu bisnis untuk mengembangkan produk dan layanan baru yang lebih inovatif.

Apabila perusahaan sudah menggunakan teknologi untuk mengotomatiskan tugas-tugas yang berulang. Maka hal ini dapat membebaskan karyawan untuk fokus pada pengembangan produk dan layanan baru.

8. Membantu dalam pengambilan keputusan yang tepat

Terakhir, automation dapat membantu bisnis untuk meningkatkan pengambilan keputusan dengan menyediakan data dan informasi yang akurat dan terkini. Hal ini dapat membantu bisnis untuk membuat keputusan yang lebih tepat dan terinformasi.

Misalnya, sebuah perusahaan ritel dapat menggunakan sistem untuk menganalisis data penjualan. Hal ini dapat membantu bisnis untuk membuat keputusan yang lebih tepat tentang produk dan layanan yang akan dijual.

Contoh Penerapan Teknologi Automation di Berbagai Industri

Contoh penerapan teknologi automation
Contoh penerapan teknologi automation

Penerapan teknologi automation bisa dilakukan di berbagai bidang. Berikut contoh kecil penerapan teknologi automation beserta penjelasan sederhananya:

1. Industri Manufaktur: Menggunakan robot untuk mengotomatisasi tugas-tugas seperti perakitan, pengelasan, dan pengemasan, meningkatkan efisiensi dan kualitas produk.

2. Industri Pertanian: Dengan drone untuk pemantauan tanaman dan traktor otomatis untuk penanaman dan panen, otomatisasi meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya tenaga kerja.

3. Sektor Kesehatan: Robotika dalam pembedahan dan automasi dalam pengelolaan rekam medis membantu meningkatkan akurasi dan efisiensi dalam pelayanan kesehatan.

4. Industri Perbankan: Otomatisasi dalam pemrosesan transaksi, analisis risiko, dan kepatuhan mempercepat proses dan meningkatkan keamanan transaksi.

5. Industri Energi: Sistem pemantauan otomatis untuk deteksi kebocoran dan manajemen jaringan listrik meningkatkan efisiensi dan keandalan sumber daya.

6. Industri Ritel: Sistem manajemen inventori otomatis dan kasir tanpa awak mempercepat proses pembelian dan mengurangi kesalahan.

7. Industri Konstruksi: Menggunakan drone untuk pemetaan dan mesin otomatis untuk pengecoran beton, automasi membantu meningkatkan kecepatan dan keselamatan proyek.

8. Industri Pendidikan: Sistem manajemen pembelajaran otomatis memungkinkan penyampaian materi secara online dan pelacakan kemajuan siswa secara real-time.

9. Industri Transportasi: Kendaraan otonom dan sistem kontrol lalu lintas otomatis mengurangi kemacetan dan meningkatkan keamanan transportasi.

10. Industri Perhotelan: Sistem pemesanan kamar otomatis dan robot pelayan meningkatkan pengalaman pelanggan dan efisiensi operasional.

11. Industri Real Estat: Automasi dalam pemantauan properti, analisis harga, dan proses penjualan mempercepat transaksi dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

12. Industri Media dan Hiburan: Algoritma rekomendasi konten otomatis dan sistem editing video memudahkan produksi dan distribusi konten.

13. Industri Pariwisata: Sistem pemesanan tiket otomatis dan rekomendasi tujuan berbasis AI memudahkan perencanaan perjalanan.

14. Industri Lingkungan: Teknologi otomatis untuk pemantauan kualitas udara dan pengelolaan sumber daya alam memastikan keberlanjutan lingkungan.

15. Sektor Militer: Dari drone untuk pengintaian hingga sistem pertahanan otomatis, automasi meningkatkan responsivitas dan keamanan operasi militer.

Kesimpulan

Automation merupakan teknologi terbaru yang mampu memberikan kemudahan dan meningkatkan efektivitas di segala bidang. Keberadaan teknologi automation sangat memberikan manfaat baik dari segi owner bisnis dan juga tenaga kerja.

Namun, penting diperhatikan bahwa penerapan teknologi automation harus betul-betul diperhatikan dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan perlu dipertimbangkan baik buruknya. Dengan penerapan teknologi automation yang tepat, barulan teknologi ini memberikan impact yang besar untuk bisnis dan masyarakat..

Itulah pengertian, jenis, manfaat dan contoh penerapan teknologi automation untuk kehidupan. Apabila kamu tertarik menggunakan teknologi automation untuk bisnis. Kamu bisa berkonsultasi langsung kepada kami. IDStar merupakan perusahaan penyedia layanan intelligent automation untuk keperluan bisnis.

Kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada kami secara gratis terkait kebutuhan bisnis yang cocok untuk implementasi teknologi automation.

Yuk, cari tahu bagaimana IDStar dapat membantu bisnis Anda.

Hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan Anda, sekarang juga!

contact us
Rate this post

Share

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services