Front End Web Developer Peluang Karir Lulusan Informatika

karir front end web developer serta gaji dan perannyaSaat ini, website menjadi salah satu kebutuhan umum yang wajib ada di suatu company. Dengan adanya website, customer bisa dengan mudah mencari tahu tentang suatu perusahaan, beserta produk dan layanan company tersebut. Website dibuat untuk menginterpretasikan informasi dari perusahaan secara kreatif.

Website yang hitam putih tidak berkehidupan sudah pasti tidak akan dilirik oleh customer. Oleh karena itu, elemen-elemen seperti font yang cantik, webpage berwarna, dan adanya animasi yang menarik meningkatkan user experience/tingkat kepuasan user. Profesi yang bertugas menangani hal ini adalah Front End Web Developer.

Apa Itu Front End Web Developer?

Front End Web Developer adalah profesi yang bertugas untuk membuat design dan implementasi dari sebuah website. Goals utama dari front end web developer adalah “memastikan user bisa dengan mudah berinteraksi di website yang dibuatnya”. Untuk melakukan ini, seorang front end web developer mengkombinasikan skill design, teknologi, dan juga programming untuk menulis kode dari website yang dibuatnya.

Jika tampilan website bermasalah atau nge-bug, front end web developer akan turun tangan untuk memperbaikinya. Jadi, ketika user mengunjungi sebuah website, segala hal yang dilihat dan di-click oleh user adalah hasil kerja keras dari seorang front end web developer.

Apa Saja Tugas Front End Web Developer?

“What you see is what you get” merupakan prinsip dari front end web developer. Pada umumnya, front end web developer menjalani tugasnya dengan berfokus untuk memastikan fungsi website berjalan dengan baik. Namun, secara lebih detail apa saja tugas dari seorang front end web developer? Berikut adalah job description profesi front end web developer:

    1. Menentukan desain dan struktur web page.
    2. Memprogramkan HTML, JavaScript, dan CSS untuk merancang tampilan dan fitur website yang user-friendly.
    3. Memaksimalkan kecepatan loading website.
    4. Membuat fitur-fitur yang bisa digunakan mobile phone.
    5. Membuat tools yang bisa meningkatkan interaksi user dengan website.
    6. Memperbaiki error dalam website dan melakukan test sewaktu-waktu.
    7. Meng-update fitur-fitur website, dan menyeimbangkan aesthetic design.
    8. Membuat mockup dan prototype yang berkualitas.
    9. Menulis kode yang bisa dipakai ulang di masa depan.
    10. Memastikan konsistensi brand dan graphic standard yang berkualitas tinggi.
    11. Bekerja sama dengan back end web developer dan UI/UX designer untuk improve usability website.
    12. Update dengan teknologi terbaru.

Apa Saja Skill Yang Dibutuhkan Front End Web Developer?

Berdasarkan Stack OverFlow, front end developer menduduki peringkat 3 dalam profesi yang paling banyak di ambil oleh developer di dunia. Seorang full stack developer dari Silicone Valley bernama Aaron P. memulai karirnya dengan profesi front end developer. Beliau menjelaskan bahwa dengan memulai karir sebagai front end developer, akan lebih mudah untuk diberi label sebagai developer yang “kompeten” dalam tugasnya.

Lantas, apa saja skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang front end web developer “kompeten”? Simak tulisan di bawah ini untuk mencari tahu!

    1. Memiliki background di bidang Computer Science (IT). Bisa dalam bentuk gelar sarjana Informatika atau serupa.
    2. Mahir menggunakan bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, JavaScript, dan jQuery.
    3. Berpengalaman dengan berbagai markup languages, browser testing dan debugging.
    4. Mengerti dengan baik seluruh langkah dari proses web development (design, development, deployment).
    5. Familiar dengan penggunaan aplikasi graphic design seperti Adobe Illustrator, Photoshop, dll.
    6. Mengerti prinsip dasar SEO.
    7. Mempunyai skill problem-solving, dan bisa bekerja dengan cepat.
    8. Pandai berkomunikasi dengan anggota tim, atasan, maupun client.
    9. Mempunyai analytical dan multitasking skill yang baik.

Berapa Gaji Front End Web Developer?

Dikutip dari blackgarlic, gaji front end web developer di Indonesia berkisar di antara Rp 4.000.000,- per bulan sampai Rp 25.000.000,- per bulan. Besaran gaji yang akan diperoleh setiap IT Developer tentu akan berbeda. Hal ini dikarenakan company akan melihat juga skill dan pengalaman yang dimiliki, faktor-faktor ini akan masuk ke dalam pertimbangan gaji yang akan diberikan.

Berdasarkan survey yang dilakukan Indeed kepada 51 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, rata-rata gaji front end web Rp 6.824.000,- per bulan. 22 dari 51 responden dengan role front end web developer merupakan karyawan yang bekerja di Jakarta dengan rata-rata gaji tertinggi adalah Rp 10.579.000, per bulan diikuti oleh Tangerang Rp 7.324.000;- per bulan, selanjutnya di Kuta dengan gaji Rp 7.127.000,- per bulan.

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on twitter