RPA Solusi Efisiensi Insurance Company di Era Asuransi Digital

solusi efisiensi perusahaan asuransi di era asuransi digital

Mengotomatiskan tugas berulang tidak hanya meningkatkan efisiensi operasional tetapi juga merevolusi cara insurance company membangun loyalitas pelanggan yang luar biasa. Dengan meningkatkan akurasi untuk mempercepat penerbitan polis, pemrosesan klaim, dan pertanyaan pelanggan.

Selain itu, RPA memfasilitasi integrasi teknologi digital transformation tanpa mengubah sistem lama, memungkinkan perusahaan asuransi untuk memanfaatkan infrastruktur yang ada dan mengoptimalkan proses tanpa perubahan yang signifikan.

Insurance Company Menghemat 10.000 Jam Setiap Tahun dengan RPA

solusi efisiensi perusahaan asuransi di era asuransi digitalRPA bot terbukti membantu insurance company lebih kompetitif di era asuransi digital dengan cara otomasi tugas administratif rumit, inovasi teknologi yang memaksimalkan potensi staf manusia dalam menangani pekerjaan yang lebih strategis dan belajar hal baru untuk mengembangkan diri sesuai aspirasi.

Secara signifikan, Robotic Process Automation tanpa lelah melakukan tugas yang berulang, ini telah menghemat 10.000 jam kerja setiap tahun untuk Provident Financial Romania sebuah industri keuangan non-perbankan yang berbasis di Bucharest.

Dengan bantuan vendor RPA As A Service, perusahaan memprakarsai proyek percontohan untuk departemen SDM. Utamanya, merancang dan membuat robot perangkat lunak untuk membantu penerimaan karyawan baru (on-boarding).

Hasilnya, Provident dapat mengotomasi tugas monoton yang dikejar deadline pada departemen SDM seperti menjaga database kandidat terpilih tetap up to date, membuat penawaran untuk kandidat dan memproses semua dokumen hukum yang diperlukan setelah kandidat bergabung dengan perusahaan.

Rupanya, staf terkesan melihat proyek contoh Robot As A Service menyelesaikan tugas yang biasanya dibenci kebanyakan orang. “Sejak saat itu, kami menerima banyak permintaan dari berbagai departemen untuk meninjau alur kerja yang berpotensi mendapatkan manfaat dari teknologi Automation”. Kenang Marius Ciurariu, Human Resources Director di Provident, seperti dikutip dari artikel Automation Case Studies.

RPA Bantu Bisnis Membangun Loyalitas Pelanggan

Dampak positif RPA terlihat jelas di bisnis asuransi dengan menghemat 120 jam, memberi kebebasan bagi staf manusia melayani pelanggan secara strategis. Alhasil, karyawan menangani pekerjaan bernilai tinggi untuk membebaskan belenggu yang mengunci karir mereka.

Berkat RPA, Santam perusahaan asuransi yang bermarkas di Western Cape, Afrika Selatan. Dengan jelas, mampu memenuhi kebutuhan pelanggannya dengan perhatian yang presisi.

Dengan mengurangi proses manual berulang (repetitive task), staf kini menginvestasikan 120 jam per bulan mereka untuk berkonsentrasi mendengarkan aspirasi pelanggan, mempercepat proses klaim dan penerbitan polis. Sejalan dengan itu, meningkatkan layanan pelanggan ke level baru.

Alhasil, perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan tanpa menambah tenaga kerjanya. Dalam hal ini, menjaga beban operasional (biaya) tetap terkendali.

Manfaat nyata implementasi RPA dalam industri asuransi terletak pada kemampuannya untuk meningkatkan proses bisnis inti. Saat robot otomatis yang dirancang oleh RPA Developer ini mengambil alih, menyelesaikan transaksi terpilih tanpa perlu campur tangan manusia, saat itulah para staf benar-benar dapat menyaksikan transformasi luar biasa baik dalam produktivitas maupun pengalaman pelanggan. Ungkap Leon Swanepoel, Business Process Optimization Manager di Santam sesuai keterangannya di artikel Automation Case Studies.

Share

IDStar Insights

Related Insights

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services