Skill, Peran & Tanggung Jawab Front End Developer

skill dan peran front end developer

front end development services industri 4.0Saat mencari alternatif untuk mendedikasikan diri Anda sepenuhnya untuk web development, ada banyak pilihan yang tersedia. Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada alternatif bagi IT Developer yang ingin mengeksploitasi kreativitas mereka, bekerja di lingkungan visual, dan membayangkan solusi sehingga audience sebuah website memiliki pengalaman pengguna yang tak terlupakan.

Dalam artikel ini, kami mengundang Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang front end developer, IT Developer dengan pengetahuan tentang bahasa pemrograman untuk mendedikasikan diri pada proyek web development, proyek di mana profil IT Expert ini dapat berpartisipasi dan keterampilan apa yang diharapkan perusahaan dapat ditemukan dalam bidang yang sangat dicari ini.

Apa Itu Front End Developer?

Front End Developer adalah salah satu pilar utama proyek web development dalam membangun sebuah website atau aplikasi mobile. Programmer ini bertanggung jawab dari perspektif antarmuka grafis website atau aplikasi kemudian menerjemahkannya ke dalam Coding (bahasa program). Selain itu, front end web developer adalah profil yang sangat kreatif, dan bertanggung jawab untuk memberikan pengalaman menjelajah yang sangat baik kepada audience dalam ekosistem website.

Skill Apa Yang Wajib Dimiliki Seorang Front End Developer?

Skill yang wajib dimiliki seorang front end developer dalam mendukung terciptanya ekosistem industri 4.0 dan mampu beradaptasi menggunakan konsep front end developer services adalah metodologi visual website, typography, colorimetry, dan lain sebagainya yang berorientasi pada struktur bahasa program (coding). Apa artinya? Tidak seperti rekannya back end developer yang bekerja di sisi server, front end web developer beririsan langsung dengan pengunjung website (audience). Dengan bekerja di bidang visual, IT Developer ini wajib menguasai skill desain, kreatif, dan “friendly” menggunakan usability testing tools dan user experience (UX) tools, yang memungkinkan mereka membuat interface fungsional untuk setiap proyek web development.

Bahasa Program Apa Yang Digunakan Front End Developer

Di antara bahasa pemrograman yang paling sering digunakan, dibutuhkan kemampuan dasar yang paling menonjol dalam tiga bahasa program berikut, JavaScript, HTML, dan CSS. Dan menggunakan beberapa framework (kerangka kerja) untuk membuat semua jenis user interfaces website atau aplikasi mobile, beberapa di antaranya: React, Redux, Angular, Bootstrap, Foundation, LESS, Sass, Stylus dan PostCSS. Key Competencies lain yang sebaiknya dimiliki IT Developer ini yaitu mengetahui konsep pekerjaan web development dan fungsi yang dilakukan back end developer di server, karena hal itu adalah aspek yang memungkinkan mereka meningkatkan fungsi website dan aplikasi.

Apa Yang Dilakukan Sebagai Front End Developer?

Yang dilakukan seorang front end developer adalah bekerja di sisi klien dan karena hal itu seorang IT Developer menjalankan berbagai fungsi. Menerjemahkan desain situs ke kode HTML dan CSS adalah salah satu tugas umum di antara jenis skill professional it expert ini.

Meskipun porsi tanggung jawab untuk menerjemahkan interface dan visual ke dalam bahasa program, biasanya front end web developer juga bekerja untuk mengendalikan semua aspek yang terkait dengan aspek visual dalam metodologi web development, baik itu bentuk desain, font, bahkan interaktivitas browser. Seperti yang telah kita lihat, fungsional adalah elemen umum dalam pelatihan mereka, dan untuk alasan ini, Front End Dev bertanggung jawab untuk meningkatkan interaksi pengguna dengan browser dan bahkan mengadaptasi desain web atau aplikasi ke perangkat yang berbeda.

Selain melakukan Coding dan maintenance website atau aplikasi mobile, biasanya tugas harian IT Developer ini juga menjadwalkan komunikasi dengan back end developer, dalam pekerjaan kolaboratif.

Share

IDStar Insights

Related Insights

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services