Menjadi Data Analyst Handal dengan 5 Skill ini !

Menjadi Business Analyst Handal dengan 5 skill ini

Menjadi Data Analyst Handal dengan 5 Skill ini !

Saat ini, profesi berbasis data mulai menjamur, termasuk data analyst. Hal ini tak lepas dari kebutuhan perusahaan atau instansi akan data-data yang mereka punya. Data tersebut biasanya akan mereka analisis dan/atau olah, serta nantinya akan dipakai untuk kepentingan perusahaan. Menjadi seorang data analyst tentu harus memiliki beberapa skill yang wajib dikuasai. Penasaran apa saja 5 Skill menjadi Data Analyst Handal yang wajib kamu kuasai?

Sebelum membahas tentang skill apa saja yang wajib dimiliki, ada baiknya kamu perlu tau apasih data analyst itu?

Pengertian Data Analyst

Menurut Morning Futuredata analyst adalah sebuah profesi yang berkaitan dengan analisis data. Profesi ini menuntut seseorang untuk memahami asal-usul data dan distorsi dengan cara menganalisis data-data tersebut. Adapun cara menganalis data-data tersebut tidaklah sembarangan, melainkan dengan menggunakan teknologi khusus.

Saat ini Data Analyst sedang banyak dicari oleh para perusahaan loh. Tapi persaingan sebagai Data Analyst juga cukup ketat, untuk itu kamu perlu memperdalam beberapa skill yang akan membantu kamu menjadi seorang Data Analyst yang handal. Berikut 5 Skill menjadi Data Analyst Handal yang wajib kamu kuasai!

5 Skill menjadi Data Analyst Handal

ini 5 skill menjadi data analyst handal

1. SQL

SQL merupakan bahasa query yang dirancang untuk pengambilan informasi tertentu dari database, menurut Dataquest.

Tanpa memahami SQL, tentu seorang data analyst tidak akan mampu mengerjakan tugasnya dengan baik. Hal itu disebabkan SQL sangat berguna untuk mengelola kumpulan data dengan volume besar yang tidak bisa dilakukan oleh Excel. Karena itu, SQL menjadi langkah pertama yang harus dipelajari jika ingin bekerja di bidang big data.

2. Pemahaman Statistik yang Kuat

Seorang Data Analyst harus memiliki pengetahuan statistik yang menyeluruh. Ini memungkinkan mereka untuk menentukan kapan harus menggunakan teknik yang berbeda untuk mencapai hasil yang diinginkan. Identifikasi kandidat dengan pengetahuan yang baik di berbagai bidang seperti uji statistik dan pengujian hipotesis (Hypothesis Testing).

Kemampuan untuk menerapkan dan memanfaatkan statistik untuk setiap proyek membuat Analisis yang dilakukan memiliki hasil yang bagus dengan didukung berbagai faktor seperti data tahunan atau tren industri.

3. Analisis Data

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tugas dari Data Analyst salah satunya adalah mengelola, mengatur, dan menganilisis data. Contohnya adalah Data Warehousing, yakni proses pembuatan sistem penyimpanan dan organisasi virtual bagi perusahaan. Jadi, data yang sudah tersimpan tersebut dapat dikelola, diatur, dianalisis, dan dipantau.

4. Berpikir kritis

Melansir dari Indeed, kemampuan berpikir kritis juga sangat perlu dikuasai oleh seorang data analyst. Mereka harus tahu apa informasi yang perlu dikumpulkan dan bagaimana memprosesnya agar bisa mendapatkan insight yang tepat.

Tanpa skill berpikir kritis, tentunya akan membuatmu kesulitan dalam melakukan proses analisis data dari awal hingga akhir.

5. Komunikasi

Komunikasi juga menjadi salah satu skill yang dibutuhkan oleh segala jenis profesi, termasuk data analyst. Meskipun pekerjaan utama sehari-harinya adalah mengumpulkan dan menganalisis data, tapi profesi ini juga tetap perlu memiliki kemampuan komunikasi.

Mereka harus mampu menyajikan data yang sudah ditemukannya dan mempresentasikannya kepada para stakeholder lainnya. Jika tidak memiliki kemampuan berbicara di depan umum, tentu akan kesulitan saat menjelaskan hasil temuannya.

 

Nah itu dia skill yang wajib kamu kuasai untuk menjadi Data Analyst handal.

Satu hal kunci supaya kamu bisa menjadi seorang data analyst yang andal adalah dengan terus belajar dan komitmen untuk terus upgrade ilmu. Jadi, jangan menyerah untuk terus menambah pengetahuan baru, ya!

Ingin bergabung dalam Developer IDStar? Kamu bisa langsung submit CV kamu disini

Share

Share on facebook
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on twitter