Web Developer: Peluang Kerja, Tugas, dan Gajinya

gambar web development

IDStar, IT Consulting Jakarta – Web developer, salah satu pekerjaan primadona yang paling menarik perhatian. Kenapa tidak? Saat ini, mayoritas perusahaan besar maupun UMKM kecil berbondong-bondong memiliki website untuk memasarkan produk atau jasanya di meda online.

Peran pembuatan website tentu sangat diperlukan. Di sinilah, web developer banyak dicari. Nah, pada artikel ini, Anda akan mendapatkan jawaban soal apa itu web developer, bagiamana prospek karirnya sampai 10 tahun ke depan, apa saja tugasnya dan berapa gajinya.

Apa Itu Web Developer?

Melansir Karir Karma, web developer adalah profesional yang berfokus pada pengembangan aplikasi atau layanan yang dapat diakses melalui internet atau intranet menggunakan browser. Tugas utama mereka adalah membangun dan memelihara website. Web developer memiliki kemampuan teknis dalam pemrograman dan sering kali dibagi menjadi tiga kategori utama:

  1. Front-End Developer: Mereka bertanggung jawab untuk membuat tampilan dan pengalaman pengguna dari sebuah website. Mereka menggunakan bahasa seperti HTML, CSS, dan JavaScript untuk membuat desain dan interaksi pada halaman web yang mudah digunakan dan menarik secara visual.
  2. Back-End Developer: Spesialisasi ini fokus pada server, aplikasi, dan database yang bekerja di belakang layar untuk memberikan fungsionalitas pada website. Back-end developers menggunakan bahasa pemrograman seperti Ruby, Python, Java, dan PHP untuk membangun aplikasi, serta alat seperti MySQL, Oracle, dan SQL Server untuk menangani data.
  3. Full-Stack Developer: Profesional ini memiliki keahlian di kedua area front-end dan back-end. Mereka mampu bekerja pada semua aspek pengembangan website, mulai dari interaksi pengguna hingga logika di balik layar.

Peluang Kerja Web Developer

peluang kerja web development
peluang kerja web development

US Bureau of Labor Statistics juga memproyeksikan pertumbuhan pekerjaan web developer dan digital designer sebesar 16% dari tahun 2022 hingga 2032, dengan sekitar 19,000 posisi pekerjaan yang dibuka setiap tahunnya​.

Mondo’s annual Tech and Digital Marketing Salary guide menemukan bahwa “Web Developer” adalah judul pekerjaan paling diminati di teknologi dan merupakan salah satu pekerjaan dengan bayaran tertinggi. Lebih dari 80% web developer di Amerika bekerja penuh waktu, dengan 10% lainnya bekerja freelance atau paruh waktu.

Secara global, kebutuhan akan web developer juga meningkat. Hackernoon memperkirakan bahwa pada tahun 2024, kebutuhan untuk full-stack developer akan mencapai 853.000 orang di AS saja, dengan kebutuhan global yang pastinya lebih tinggi​​. Selain itu, keterampilan dan keahlian web developer diperlukan hampir di setiap perusahaan di berbagai industri, yang menjelaskan mengapa banyak orang yang beralih karir mempelajari pengembangan web​​.

Baca juga: Peluang Karir Android Developer Serta Gaji & Perannya

Tugas dan Pekerjaan Seorang Web Developer

tugas web developer
tugas web developer

Apa saja tugas-tugas seorang web developer? Sederhananya, web developer bertugas untuk mengembangkan dan menjaga website agar tetap baik dikunjungi. Namun, ada beberapa tanggung jawab detail yang harus Anda ketahui:

Pengembangan Front-End

Web developer bertanggung jawab atas tampilan dan pengalaman pengguna website. Tugas ini meliputi pengkodean visual website menggunakan HTML, CSS, dan JavaScript.

Pengembangan Back-End

Tak hanya front end, web developer juga harus fokus pada server, aplikasi, dan database yang mendukung website. Mereka juga menulis kode yang diperlukan untuk menerima input dari pengguna dan menyimpan atau mengambil informasi dari database.

Baca juga: Back End Web Developer Wajib Menguasai Tools ini!

Pengujian dan Debugging

Selain itu, ia juga melakukan pengujian untuk memastikan semua aspek website berfungsi dengan baik, serta mengidentifikasi dan memperbaiki bug atau masalah dalam kode.

Optimisasi kecepatan

Web developer bertugas untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi website agar mudah diakses oleh pengguna. Dengan kecepatan yang mumpuni, website akan lebih senang dikunjungi pengguna bahkan dapat menaikkan omset perusahaan secara drastis.

Kolaborasi dengan Tim Lain

Tentu saja, seorang web developer harus mampu berkolaborasi dan memiliki skill komunikasi yang baik. Web developer harus bekerja dengan desainer, manajer proyek, dan profesional lainnya untuk memastikan bahwa website memenuhi kebutuhan bisnis dan teknis.

Pemeliharaan dan Pembaruan Situs Web

Tak hanya itu, tugas dan tanggung jawab web developer selanjutnya yakni, secara rutin memperbarui website untuk memastikan bahwa konten tetap relevan dan sistem keamanannya terjaga.

Adaptasi Teknologi Terbaru

Tetap up-to-date dengan perkembangan teknologi terkini dalam pengembangan web dan mengadopsinya dalam proyek mereka.

Menerapkan prinsip SEO

Menerapkan prinsip-prinsip SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan peringkat dan visibilitas website di mesin pencari.

Skill yang Wajib Dimiliki Web Developer

Skill web developer
Skill web developer

Apa saja keahlian yang harus dimiliki seorang web developer?

Memiliki Kemampuan HTML/CSS dan JavaScript

HTML (Hypertext Markup Language) adalah dasar dari semua website. Ini digunakan untuk membuat dan menyusun halaman web, termasuk format teks, menambahkan gambar, dan membuat link.

CSS (Cascading Style Sheets) digunakan untuk mengontrol tampilan dan layout halaman web. CSS memungkinkan developer untuk menerapkan gaya yang konsisten pada halaman web, seperti warna, font, dan layout.

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat halaman web interaktif. Ini memungkinkan pembuatan fitur seperti formulir yang dapat diisi, animasi, dan permainan.

Mampu Membuat Desain Mobile-Friendly

Dengan semakin banyaknya penggunaan perangkat mobile, penting bagi web developer untuk memahami responsive design. Desain ini memastikan bahwa website dapat dilihat dan digunakan dengan mudah di berbagai ukuran layar, dari desktop hingga smartphone.

Teknik seperti media queries dalam CSS digunakan untuk menyesuaikan tampilan berdasarkan ukuran layar perangkat.

Menguasai Bahasa Pemrograman

Bergantung pada fokus mereka (front-end, back-end, atau full-stack), web developer mungkin perlu menguasai bahasa pemrograman seperti Python, Ruby, PHP, Java, atau .NET.

Bahasa-bahasa ini digunakan untuk mengembangkan logika di balik fungsionalitas situs web, seperti mengolah data formulir atau berinteraksi dengan database.

Bisa Menggunakan Tools Web Developer

Web developer menggunakan berbagai tools untuk mempercepat dan mempermudah proses pengembangan. Ini termasuk editor teks (seperti Visual Studio Code atau Sublime Text), sistem kontrol versi (seperti Git), dan alat pengembangan web di browser (seperti Chrome DevTools).

Mereka juga mungkin menggunakan framework dan library, seperti React untuk JavaScript atau Bootstrap untuk CSS.

Mengerti tentang SEO

SEO penting untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat website di mesin pencari. Web developer harus memahami prinsip-prinsip SEO, seperti penggunaan kata kunci yang relevan, optimasi kecepatan halaman, dan struktur URL yang efektif.

Mereka juga perlu memastikan bahwa website mudah dinavigasi dan dapat diakses oleh mesin pencari, yang melibatkan aspek teknis seperti struktur HTML yang baik dan penggunaan tag alt pada gambar.

Gaji Web Developer di Indonesia

Berapa gaji seorang web developer di Indonesia? Sebenarnya berbicara gaji tentunya akan sangat bervariasi, tergantung di mana industrinya, bagaimana pengalamannya, kemampuan perusahaan, dan faktor lainnya.

Web developer gaji
Web developer gaji (Indeed)

Gaji rata-rata web developer di Indonesia berkisar antara Rp8.000.000 hingga Rp15.000.000 per bulan. Menurut Glassdoor, rata-rata gaji web developer sebesar Rp7.000.000 per bulan. Payscale juga menyebutkan, rata-rata gaji web developer sebesar Rp5.000.000 per bulan atau Rp60.000.000 per tahun.

Menurut Salary Explorer, gaji terendah web developer sebesar Rp5.000.000 per bulan dan gaji tertinggi sebesar Rp17.800.000 per bulan. Dan juga dilansir dari Indeed, rata-rata gaji web developer sebesar Rp4.500.000 per bulan

Itulah penjelasan mengenai web developer tentang bagaimana prospek kerjanya, apa saja tugasnya, serta berapa gajinya. Apabila Anda berminat untuk menjadi web developer, silakan upload CV Anda melalui career page IDStar. Kami adalah perusahaan IT Consultant yang mencari banyak talenta berbakat di bidang IT. Jika kamu ingin belajar dan berkembang bersama, maka IDStar adalah solusi tempat bekerja untukmu!

Cari Tempat Kerja sekaligus Tempat Berkembang?

Yuk, cari lowongan IT sesuai dengan minat dan bakatmu dan jadilah bagian dari Star Talent bersama IDstar!

pexels-photo-3182812-1024x683_11zon

Share

IDStar Insights

Related Insights

Send Message
Chat with us
Hi IDstar! I want to know more about your services