fbpx

Gagal Fokus saat Bekerja? Ini Cara Mengatasinya!

Gagal Fokus saat Bekerja? Ini Cara Mengatasinya!

Bekerja memang hal yang membutuhkan fokus dan konsentrasi besar. Hal ini bertujuan untuk mendorong produktivitas agar pekerjaan lebih cepat selesai dengan efektif dan efisien. Namun banyak orang yang merasa gagal fokus saat bekerja loh. Yuk simak artikel ini untuk mengetahui cara mengatasinya.

 

Sebelum itu, pahami dulu yuk apa sih arti gagal fokus? Istilah “Gagal Fokus” adalah istilah yang populer dalam dunia “medsos”, yang artinya merespon tidak nyambung atau tidak ada hubungan dengan masalah yang seharusnya menjadi fokusnya.

Penyebab Kamu Gagal Fokus saat Bekerja

1.Pengaruh Teknologi

Penyebab kurang fokus bisa jadi berasal dari gadget yang hampir tiap hari digunakan. Handphone, komputer ataupun media sosial bisa mengganggu fokus saat bekerja. Kamu dapat menanggulangi hal ini dengan cara menetapkan jadwal saat bekerja. Selain itu, tentukan juga jadwal waktu rehat untuk membuka handphone.

2. Kurang Tidur

Kekurangan tidur dapat mengganggu fokus saat bekerja. Saat tidur kurang dari 7 atau 8 jam dalam sehari maka dapat mengganggu fokus kamu. Kamu  juga dapat tidur di siang hari selama 15 sampai dengan 30 menit untuk mengembalikan fokus dan stamina saat bekerja.

3. Kurang Olahraga

Kurang olahraga juga bisa menjadi faktor penyebab tidak fokus dalam bekerja. Penelitian membuktikan bahwa berolahraga secara teratur dapat menjaga fokus dan meningkatkan kemampuan belajar. Berolahraga juga bisa meningkatkan stamina dan memperbaiki kualitas tidur sehingga kamu dapat terus fokus saat bekerja.

 

Tips Mengatasi Gagal Fokus saat Bekerja

1. Buat to-do list

Membuat to-do list harian bisa di pagi hari atau malam hari sebelumnya. Untuk menghindari agar tidak ada pekerjaan yang terlupakan atau terlewatkan.

2. Buat Skala Prioritas

Supaya Kamu tidak bingung dan lelah karena dipertemukan dengan dua-tiga pekerjaan dalam satu waktu, cobalah untuk mengatur prioritas. Mana yang lebih penting dan mendesak untuk diselesaikan, mana yang deadlinenya masih agak lama, sehingga semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan rapih dan tepat waktu.

3. Naikkan motivasi kerja

Seringkali seseorang gagal fokus karena ia tidak bisa melihat apa maksud dari pekerjaan tersebut serta korelasi dengan tujuan dan cita-citanya. Mungkin meletakkan foto atau benda di meja kerja dapat mengingatkan pada sebuah tujuan dapat meningkatkan konsentrasi.

4. Optimalkan waktu istirahat

Energi dan perhatian itu terbatas. Oleh karena itu, Kamu perlu meluangkan waktu untuk beristirahat, tujuannya adalah mengalihkan perhatian sejenak sehingga otak menjadi segar kembali saat bekerja,

5. Lingkungan yang nyaman

Gagal fokus dapat disebabkan lingkungan kerja yang tidak nyaman atau malah terlalu nyaman. Ciptakan suasana kerja yang bisa membangun semangat dalam diri kamu untuk bekerja.

Penutup

Sebenarnya masih banyak lagi penyebab hilangnya fokus saat bekerja. Hilang fokus tentu akan mengganggu produktivitas saat di kantor. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kondisi tubuh dengan memulai pola hidup sehat.

Di IDStar, produktivitas talent selalu menjadi prioritas perusahaan. Jika kamu ingin bergabung dengan IDStar, yuk langsung submit CV kamu disini