fbpx

Ini alasan programmer menggunakan linux

Ternyata Ini Alasan Programmer Menggunakan Linux!

Banyak programmer yang menggunakan Linux, bahkan banyak dari mereka yang menggunakan linux sebagai sistem operasi pada komputer mereka. Tentunya ada alasan yang membuat mereka lebih memilih linux untuk menyelesaikan project dan debug aplikasi yang mereka buat.  Apa saja ya alasan programmer menggunakan linux?

Sebelum membahas alasan programmer menggunakan linux, kita harus mengetahui tentang linux itu sendiri.

Pengertian Linux

Linux merupakan salah satu OS seperti windows ataupun machintos yang menggunakan sistem UNIX dengan model pengembangan, serta distribusi software secara gratis, atau yang biasa dikenal dengan sebutan open source. Biasanya linux digunakan oleh hacker, programmer, developer, geeks, dan lain sebagainya.

Sistem operasi ini biasanya digunakan sebagai sistem pada berbagai jenis perangkat komputer seperti desktop, pembaca buku elektronik, sistem permainan video,telepon genggam hingga router.

Berikut ini Alasan Programmer Menggunakan Linux

1. Gratis / Open Source

Banyak programmer yang terkena kasus pidana karena menggunakan sistem operasi bajakan yang mengganggu pekerjaan mereka. Mereka menggunakan Linux karena kelebihan utamanya yaitu sumber kodenya bisa dilihat, dirubah, lalu disebarkan lagi oleh pengguna.

Programmer lebih memilih sistem operasi Linux agar project programming mereka dapat diselesaikan tanpa merasa terganggu karena rasa was was akan kasus pidana menggunakan sistem operasi bajakan.

2. Mudah Di Install

Selain dari website Linux sendiri, banyak juga website download resmi yang menyediakan link download ISO master linux.

Linux juga sangat mudah di install di komputer karena sudah memiliki tampilan yang user friendly (GUI) namun linux juga memiliki tampilan berbasis teks.

3. Banyak bahasa pemograman

Seperti yang kita ketahui, ada banyak bahasa pemrograman di dunia. Namun, tidak semua programmer bisa menguasai semua bahasa pemrograman.

Linux mempermudah programmer untuk belajar ataupun mengerjakan project dari banyak bahasa pemograman tanpa harus beralih menggunakan sistem operasi lain untuk menyelesaikannya.

4. Tools programming yang lengkap

Untuk dapat menulis kode program, dibutuhkan aplikasi pendukung untuk memastikan kode tersebut error atau tidak. Linux bisa memberikan tools tersebut secara gratis dan lengkap.

Apalagi untuk kalian yang mau belajar bahasa pemograman pun juga tersedia toolnya secara lengkap dan pastinya gratis sehingga anda tidak perlu repot mencari tool bajakan untuk belajar programming.

5. Banyak error = banyak ilmu

Linux sering menyebabkan error pada kode yang kamu buat. Namun error disini bukan dikarenakan kesalahan sistem tapi karena kesalahan penggunanya.

Kadang-kadang error terjadi karena salah setting, namun hal ini bisa menjadi poin lebih karena semakin sering error semakin banyak ilmunya. 

6. Lebih disukai perusahaan

Banyak perusahaan lebih menyukai programmer yang pandai dalam menggunakan linux. Jadi jika anda seorang programmer dan pengguna linux berarti anda adalah programmer dengan nilai dan kemampuan yang lebih dan bisa di bilang expert.